Membuat Form Kontak yang Fleksibel pada WordPress

Ketika pembaca ingin mengirim komentar, terkadang sedikit kebingungan pada saat Contact form tidak bisa ditemukan. Walaupun memang ada beberapa theme wordpress yang secara langsung memberikan fasilitas ini. Ada baiknya kita sediakan contact form dibawah postingan yang bisa diutak atik sendiri. Coba dech simak artikel dibawah ini dari sumber aslinya http://panduan.wordpress.com

Baru-baru ini, ada fitur baru dari wordpress.com yang diberi nama custom contact form. Postingan kali ini bisa dibilang lanjutan dari postingan tentang form kontak sebelumnya.

Jika contact form edisi lama dibuat dengan cara mengetikkan kode [ contact-form ] (hilangkan tanda spasi yang ada di kode tersebut) di kotak posting artikel/halaman pada modus html; maka contact form yang bisa dicustom ini lain lagi cara membuatnya.

Berikut adalah tahapannya.

1. Login ke wordpress.com

2. Klik menu Post-Add New (buat tulisan baru).

3. Klik tombol untuk membuat custom contact form. Tombol tersebut dapat dilihat pada gambar berikut (yang diberi kotak warna biru muda).

4. Berikut adalah tampilan menunya. Kita bisa menambah field dengan cara klik add a new field

5. Jika tombol add a new field di klik, tampilannya akan seperti ini. Field baru ini bisa diatur namanya, tipenya dan juga isiannya required atau tidak.

6. Jika required dicontreng, apabila pengunjung yang akan mengontak pemilik blog tidak mengisi field tersebut, pesannya tidak akan diproses.

7. Jenis field yang bisa dipilih meliputi checkbox, dropdown, email, name, radio, text, textarea, dan website.

8. Sebagai tambahan, pesan yang diisi oleh pengunjung blog bisa dikirimkan ke alamat email tertentu (tidak harus email yang digunakan untuk akun wordpress.com). Subjek pesan juga bisa disetting. Hal ini berguna untuk memfilter pesan tersebut agar masuk folder tertentu (yahoomail) atau label tertenu (gmail) di akun email penerima.

Jika sudah selesai, jangan lupa disave (baik menu custom contact form-nya maupun postingannya).

Nah tunggu apalagi , silahkan dicoba sendiri sesuai uraian artikel diatas.

Diambil dari sumber aslinya http://panduan.wordpress.com







Pos ini dipublikasikan di Artikel, Tips Trik Wordpress, TipsTrik dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar