Kerajinan Anyaman Bambu Mampu Bertahan

KerajinanAnyamanBambu

KerajinanAnyamanBambu

MADIUN–MICOM: Kerajinan anyaman dari bambu berbentuk aneka perabot rumah tangga di Desa Jeruk Gulung, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, tetap bertahan di tengah persaingan produksi barang serupa yang berbahan dari plastik.

“Kami bersyukur, karena usaha kami masih eksis, meski harus bersaing dengan produk perabot rumah tangga dari plastik buatan pabrik. Banyaknya peminat produk kami, lebih karena bahannya yang alami dan bentuknya unik,” ujar pemilik usaha kerajinan anyaman bambu, Sulistriani, Minggu (30/1).

Anyaman bambu perabot rumah tangga yang dihasilkannya antara lain berbentuk tempat tisu, tempat sampah, penutup nasi, tempat penyimpan koran atau majalah, serta bentuk pernak-pernik lainnya yang dapat digunakan sebagai hiasan rumah.

Produksi kerajinan bambu ini juga lumayan tinggi, yakni mencapai 100 hingga 150 buah per hari dengan berbagai bentuk anyaman, atau seorang ibu rata-rata mampu menghasilkan 10 hingga 15 buah anyaman setiap harinya.

“Jumlah tersebut akan bertambah jika kami sedang mendapat pesanan, baik dari wilayah Madiun sendiri maupun luar wilayah Madiun,” tutur Sulistriani yang bisnis keluarganya itu mampu menjadikan sejumlah ibu-ibu rumah tangga di desanya sebagai tenaga kerja.

Pangsa pasar kerajinannya juga lumayan luas, karena tidak hanya melayani kebutuhan lokal yang meliputi wilayah eks-Keresidenan Madiun, juga dipasarkan hingga ke kawasan regional meliputi Pasuruan dan Madura, bahkan merambah hingga ke Jakarta.

Tentang harga, ia mengaku harga yang dipatok juga lumayan terjangkau, yakni berkisar dari Rp5.000,00 hingga Rp25.000,00 per item tergantung dari jenis dan tingkat kesulitan produk anyaman.

“Selain keuntungan yang menjanjikan, usaha ini juga mampu menyerap tenaga kerja khususnya ibu-ibu rumah tangga di desa kami, karena itu kami berencana akan terus mengembangkan usaha ini seiring terus meningkatnya jumlah permintaan,” katanya.

(Arief)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/01/30/199770/90/14/Kerajinan-Anyaman-Bambu-Mampu-Bertahan

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/01/30/199770/90/14/Kerajingan-Anyaman-Bambu-Mampu-Bertahan

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s