Kampung batik Cirebon diserbu pengunjung

Pakaian batik (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Pakaian batik (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Cirebon (ANTARA News) – Kampung batik Trusmi Plered di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, diserbu pengungjung dari Jakarta dan Bandung.

Kepadatan arus lalu lintas mulai tersendat di perempatan Plered arah kampung batik Trusmi macet, akibat tingginya volume kendaraan yang sebagian besar berplat nomor kode B dan D.

“Kampung batik Trusmi Plered Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjadi tujuan wisatawan dari Jakarta dan Bandung, kini ddipadati pengunjung mereka berdatangan belanja saat libur Natal dan tahun baru,” kata Sugiarto salah seorang memiliki ruang pamer batik tradisional di Cirebon, Kamis.

Dikatakannya, libur panjang berkah bagi para perajin batik tradisional di kampung batik Trusmi Plered, karena omzet mereka biasanya meningkat dibandingkan hari biasanya.

Ia menuturkan, memasuki libur Natal kampung batik Cirebon di Trusmi Kecamatan Plered ramai pengunjung yang berdatangan, bahkan selain dari Jakarta, Bandung, Indramayu, ada pengunjung asal Sumatera.

“Libur Natal jumlah pengunjung kampung batik Trusmi Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon ramai pengunjung, sehingga omzet penjualan batik tersebut meningkat dibandingkan hari biasanya,” katanya.

Sementara Rusmanto, salah seorang pedagang batik lain di kampung batik Trusmi Plered Cirebon, mengaku setiap libur panjang dan Natal jumlah pengunjung meningkat dibandingkan hari biasanya.

Motif batik khas Cirebon kian diminati pengunjung, kata dia, baik batik modern juga klasik dengan bahan mori dan sutra untuk kualitas super, kini perkembangan usaha tersebut semakin meningkat dibandingkan sebelumnya.

“Omzet penjualan berbagai motif batik memasuki libur sekolah dan Natal naik dibandingkan sebelumnya, diharapkan usaha lokal yang mampu menyerap tenaga kerja bertahan,” katanya.

Dia mengatakan, omzet penjualan batik sepekan terakhir terus mengalami peningkatan, baik motif sarimbit, tradisional, perpaduan motif antar daerah, hingga busana batik untuk anak-anak, padahal penjualan batik sebelumnya sempat lesu.

Johanes, salah seorang pembeli batik di Cirebon mengungkapkan sengaja mampir belanja batik di Trusmi Cirebon karena banyak pilihan corak dan motifnya, selain itu harganya masih terjangkau.

“Kampung batik Trusmi berada di jalur Pantura Cirebon, mudah untuk belanja karena berada di lintasan jalur utama,” katanya.
Editor: Suryanto

Sumber :http://www.antaranews.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s