Kenaikan Gaji hendaknya merupakan upaya penurunan kebutuhan

Sudah lumrah bagi siapapun mempunyai kebutuhan untuk pemenuhan hidup, tetapi jika tidak mengukur kemampuan keuangan dan menahan nafsu keinginan bisa sebaliknya kenaikan gaji menjadi penyebab menggali utang yang baru. Apalagi jika sebelum kenaikan gaji diterima, utang banyak dimana-mana sehingga banyak menguras sisa uang gajian. Bisa-bisa kenaikan gaji takkan terasa manfaatnya alias bablas maning nutup utang.

Mudah-mudahan tidak begitu adanya, karena tujuan Pemerintah sudah jelas untuk meningkatkan kesejahteraan PNS. Sekecil apapun kenaikan gaji diharapkan dapat bermanfaat bagi PNS, oleh karenanya berhati-hatilah dalam membelanjakan uang gaji. Jika perlu hindari istilah “gali lubang tutup lubang”. Menahan hawa nafsu untuk berutang sepantasnyadilakukan dan dipikirkan secara matang. Bukankah tidak mengenakan hati ketika saatnya gajian, orang lain amplop penuh berisi uang, malah sebaliknya amplop berisi nota atau kwitansi tagihan utang.

Prilaku “menahan diri” sebenarnya bukanlah hal yang baru, dalam situasi apapun istilah itu pasti akan menjadi inti saran atau pendapat yang lain. Kini cobalah untuk menempatkan istilah itu pada moment penting “kenaikan gaji”, rasanya berat memang namun jika dilakukan dengan ikhlas akan memberikan rasa enteng dikemudian hari.

Tetapi jika hal ini merupakan sebuah hal yang perlu dikesampingkan, barangkali menjadi hak mereka pula. Asal dikemudian hari tidak terjadi dampak penurunan kwalitas kinerja dalam pelayanan terhadap masyarakat. Semua akan dikembalikan kepada nurani masing-masing.

Oke deh….bagaimanapun ucapan “Selamat atas Kenaikan Gaji PNS” patut saya ucapkan.

Salam.

Pemulis:

Halimi,SE,MM.

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s