Volume Ekspor Rotan Ditargetkan 1.000 Kontainer/Bulan

BANDUNG: Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Cirebon menargetkan ekspor furnitur rotan yang diproduksi wilayah itu pada 2011 sebanyak 1.000 kointainer per bulan.

Sumartja, Ketua Asmindo Komda Cirebon, menjelaskan target ekspor itu naik tipis bila dibandingkan dengan rata-rata volume ekspor pada tiga bulan terakhir 2010 yang berkisar 800–900 kontainer per bulan.

“Kami berharap ekspor tahun ini lebih baik. Namun tampaknya sedikit sulit karena salah satu pasar ekspor yaitu Jepang terkena bencana,” jelasnya kepada Bisnis, hari ini.

Dia menjelaskan ekspor ke Negeri Sakura mencapai 10%–20% dari total ekspor perajin rotan Cirebon.

Dia khawatir terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami akan menghentikan ekspor perajin rotan ke Jepang. Bahkan, untuk pesanan yang masuk beberapa bulan sebelum bencana belum diketahui kepastiannya.

“Sekarang belum ketahuan seperti apa dampak bencana itu terhadap ekspor rotan, karena baru terlihat dua bulan ke depan,” ujarnya.

Sumartja menjelaskan selama lebih dari 50 tahun terakhir, perajin rotan di Cirebon mengekspor ke sejumlah negara mulai dari negara-negara di Uni Eropa, Amerika Serikat, Timur Tengah, China, dan Jepang.(api)

 

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s