Khadafi Lawan Perusuh Hingga Darah Terakhir

Perempuan Libya ikut protes (Foto: Getty Images)
TRIPOLI – Pemimpin Libya Muamar Khadafi tegaskan akan melawan perlawanan oposisi pemerintah hingga darah terakhir. Hal ini diungkapkan anaknya, Saif al-Islam Khadafi menyusul aksi protes berdarah yang terjadi di Benghazi.

Massa anti-pemerintah melakukan aksi protes di jalanan Tripoli sejak pekan lalu. Mereka mendesak agar Khadafi untuk segera mundur dari jabatannya.
Namun anak Khadafi, Saif al-Islam Khadafi muncul dalam televisi nasional seraya mengeluarkan pernyataan yang kesannya seperti mengancam sekaligus menenangkan aksi protes.
“Kami akan terus berdiri dibelakan Muammar Khadafi, termasuk juga militer Libya,” tegas Saif seperti dikutip Reuters, Senin (21/2/2011).
“Kami akan terus melawan (perusuh) hingga darah terakhir. Kami tidak akan meninggalkan Libya kepada Italia ataupun Turki,” lanjutnya.
Pernyataan Saif ini sepertinya tidak akan membuat rakyat Libya, khususnya yang berada di Benghazi merasa terintimidasi. Pengunjuk rasa di kota ini seperti dalam kendali penuh, setelah berhasil mendesak pihak militer dan polisi mundur ke wilayah pertahanan mereka.
Pada protes sebelumnya, massa anti-pemerintah sempat terlibat konfrontasi dengan massa pendukung Khadafi. Suara tembakan lantang terdengar sementara polisi terpaksa melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan aksi demonstrasi.
Kelompok Human Right Watch (HRW) menyatakan jumlah korban tewas akibat bentrokan mencapai 223 orang. Sebagian besar korban tewas berada Kota Benghazi.
Namun Saif Khadafi membantah keras laporan korban tewas ini, menurutnya jumlah itu terlalu dibesar-besarkan oleh media. Ia memastikan jumlah korban tewas saat ini mencapai 84 jiwa.
(faj)

Sumber dari http://international.okezone.com/read/2011/02/21/18/426905/khadafi-lawan-perusuh-hingga-darah-terakhir

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s