Perokok dapat Ganti Rugi Rp2,3 Miliar

Perokok dapat Ganti Rugi Rp23 MiliarMI/Ramdani/pj

FLORIDA–MICOM: Juri di Florida, Jumat (11/2), memerintahkan perusahaan tembakau R.J. Reynolds untuk membayar ganti rugi sebesar US$260.000 (Rp2,3 miliar) kepada seorang pria Tampa yang terserang kanker karena merokok.

Putusan tersebut adalah yang paling akhir di antara ribuan tuntutan hukum terhadap para pembuat rokok, yang dikenal sebagai kasus Engle progeny, yang kini memasuki pengadilan di Florida.

Leroy Kirkland, 71, telah mengupayakan ganti rugi lebih dari US$10 miliar dari Reynolds, satuan Winston-Salem, Reynolds American Inc, yang berpusat di North Carolina, ganti rugi terbesar yang dituntut oleh seorang pelaku individual.

Juri tersebut memerintahkan perusahaan itu membayar Kirkland US$10.000 sebagai ganti rugi dan US$250.000 sebagai hukuman atas kerusakan.

“Kami menghadapi akhir yang agak sedikit, tapi kami menang,” kata Willie Gray, pengacara bagi Kirkland. Ia menduga R.J. Reynolds akan naik banding atas putusan tersebut.

Kirkland dan pengacaranya menyatakan ia terserang kanker dan emphusema akibat merokok.

Seorang jurubicara buat R.J. Reynolds tak bisa dimintai komentar.

Kasus Engle progeny berpangkal dari Engle melawan R.J. Reynolds, tuntutan hukum class action bersejarah yang mulanya diajukan terhadap para pembuat rokok pada 1994.

Enam tahun kemudian, juri di Florida mendapati bahwa rokok mengakibatkan kanker paru-paru dan penyakit lain serta memerintahkan perusahaan tembakau untuk membayar hukuman ganti rugi sebesar US$145 miliar, jumlah terbesar, kepada perokok yang sakit.

Namun Mahkamah Agung Florida membatalkan ganti rugi tersebut pada 2006 dan mencabut surat kasus asli mengenai 700.000 perokok di Florida, tapi memutuskan kasus individu dapat dilanjutkan. Itu memungkinkan ribuan kasus individu diajukan ke pengadilan di Florida. (Ant/OL-9)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/02/202867/39/6/Perokok-dapat-Ganti-Rugi-Rp23-Miliar

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s