11 TKI Bermasalah Asal Jabar Akhirnya Pulang Kampung

illustrasi TKI- Google

illustrasi TKI- Google

Bandung – Sebanyak 11 orang TKI dari 14 orang TKI bermasalah asal Jabar yang dibawa dari Malaysia seminggu yang lalu akhirnya dipulangkan oleh Pusat Layanan Terpadu Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jabar. Mereka dilepas langsung oleh ketua P2TP2A Netty Heryawan di kantor P2TP2A di Jalan LRE Martadinata, Selasa (1/2/2010).

Para TKI itu dijemput keluarga dan pemda dari masing-masing daerah TKI tersebut.

“Ini bagian dari proses pemulihan terhadap mereka. Kita di sini sudah memberikan konseling dan berbagai penanganan,” ujar Netty dalam pelepasan tersebut.

Netty menjelaskan, selanjutnya para TKI tersebut akan tetap dipantau dan ditindaklanjuti. Selain oleh P2TP2A, pemerintah daerah pun ikut dilibatkan untuk menangani mereka. Jadi akan ada semacam dokumen yang diberikan untuk menjadi bekal bagi pemda untuk penanganan lebih lanjut. Bahkan ke depannya, TKI akan kembali dipanggil baik secara personal ataupun kelompok untuk diberikan pembinaan dan pelatihan.

“Nanti akan kita panggil lagi. Kita berikan pelatihan, pembinaan, konseling dan lain-lain agar mereka kembali pulih dan tidak mengalami trauma,” kata Netty.

Saat ditanyakan kemana 3 TKI lainnya, Netty mengatakan 2 di antaranya hingga saat ini masih ditangani Disnaker Jabar. Keduanya merupakan 2 laki-laki. Sementara 1 TKI lainnya masih dalam perawatan di RS Jiwa Cisarua.

Pantauan detikbandung, saat pelepasan, Netty sempat memberi motivasi pada para TKI tersebut tetap semangat meski pernah menjadi TKI yang bermasalah. Setelah diberikan pembekalan, terlihat ada 1 pria membawa 2 anak laki-laki masuk ke ruangan kemudian tiba-tiba salah seorang TKI beranjak dari tempat duduk dan menghampiri keluarganya. Seolah melepas rindu ia seperti tak ingin melepaskan mereka. Satu persatu TKI itu pun dijemput dan pulang ke daerahnya masing-masing. Namun hingga saat ini masih ada beberapa TKI yang sedang menunggu dijemput.

Ke-14 TKI itu berasal dari berbagi kabupaten dan kota di Jawa Barat, antara lain Kabupaten Sukabumi (2 orang), Kota Bandung (3 orang), Kabupaten Bandung Barat (1 orang), Kabupaten Karawang (1 orang), Kabupaten Bogor (2 orang), Kabupaten Purwakarta (1 orang), Kabupaten Subang (1 orang), Kabupaten Cianjur (1 orang) dan Kabupaten Indramayu (1 orang).

(tya/ern)
http://bandung.detik.com/read/2011/02/01/155052/1558176/486/11-tki-bermasalah-asal-jabar-akhirnya-pulang-kampung

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s