Pakai Kacamata Meningkatkan Peluang Diterima Kerja?

Kacamata memberi kesan cerdas dan profesional

KOMPAS.com — Untuk membuat kesan pertama yang hebat di mata pewawancara, ternyata Anda tidak harus mengenakan busana yang mengesankan Anda profesional atau menjabat tangan dengan erat. Cukup kenakan kacamata.

Begitulah kesimpulan studi yang dilakukan College of Optometrists, Inggris. Disebutkan, pencari kerja akan mendapat peluang lebih besar untuk diterima bekerja jika mereka mengenakan kacamata saat wawancara. Sepertiga dari orang yang disurvei mengatakan bahwa kacamata akan memberi kesan lebih profesional. Sementara 43 persennya mengutarakan, kacamata mengesankan kecerdasan. Kemudian, 40 persen responden tak keberatan memakai kacamata normal jika itu meningkatkan peluang untuk diterima.

Namun, alasan memakai kacamata tak sepenuhnya untuk menciptakan kesan cerdas. Sebanyak 6 persen responden memakai kacamata agar terlihat lebih modis (fashionable) dan 9 persen membayangkan bahwa kacamata akan membuat mereka lebih menarik.

Hasil penelitian ini rupanya tidak dianggap serius oleh beberapa kalangan. “Tidak mengejutkan bila banyak perusahaan ingin mempekerjakan staf yang cerdas, tapi stereotip lama yang mengatakan bahwa orang berkacamata itu cerdas harus dilupakan,” kata profesor bidang psikologi, Cary Cooper, dari Lancaster University.

Menurut dia, kacamata justru merupakan indikasi buruk mengenai kecerdasan karena penglihatan Anda kurang baik. Akan tetapi mungkin saja ketika mengenakan kacamata orang jadi lebih percaya diri dan hal ini mengubah perilakunya. Dengan sendirinya, perubahan ini akan meningkatkan peluang mereka tampil baik saat wawancara.

Bagaimana dengan Anda? Pernahkah Anda memanfaatkan kacamata untuk menciptakan kesan tertentu?

DIN

Editor: Dini

Sumber: The Daily Mail

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Bisnis, Peluang Usaha dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s