Kapuas Targetkan Produksi 5 Ribu Ton Ikan

ANTARA/Heru Salim/wt

ANTARA/Heru Salim/wt

KUALA KAPUAS–MICOM: Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menargetkan memproduksi 5 ribu ton ikan dari budi daya perikanan meskipun kondisi cuaca saat ini masih belum menentu.

“Kami menargetkan produksi budi daya perikanan di Kabupaten Kapuas mampu mencapai jumlah 5 ribu ton,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kapuas Moch Chalinja, Sabtu (29/1).

Pasalnya, tren produksi perikanan dari tahun ke tahun terjadi peningkatan yang sangat signifikan sehingga pihaknya sangat optimistis pada 2011 dapat menembus angka di atas 5 ribu ton.

Chalinja yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kapuas itu menyebutkan bahwa produksi perikanan pada 2007 sebesar 391 ton, 1.418 ton pada 2008, 3.061 ton pada 2009. Pada 2010 sebesar 4,26 ribu ton produksi budi daya ikan patin, nila lele, pepuyu (betok), bandeng dan udang.

“Ini merupakan hal positif. Karena setidaknya harga komoditas ikan menjadi stabil di tengah kenaikan kebutuhan primer lainnya, khususnya ikan patin” jelasnya. Dia mengatakan peningkatan budidaya perikanan didaerah itu masih didominasi ikan patin sebesar 70%.

Sementara berdasarkan data dari Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas untuk realisasi pendapatan asli daerah (PAD) tahun anggaran 2010 dari jenis penerimaan lain-lain PAD yang sah untuk hasil penjualan hasil perikanan masih nihil.

Chalinja mengatakan guna mengatasi permasalahan pemasaran, pada tahun lalu pihaknya telah memproduksi ikan olahan menjadi abon. Sedangkan pada 2011, produksi ikan olahan tersebut akan ditingkatkan menjadi kerupuk, bakso, sosis dan nugget.

Untuk memasarkan produk turunan tersebut, Dinas Perikanan dan Kelautan telah membangun satu outlet yang akan diresmikan pada Maret mendatang.

“Tercapainya target budidaya tersebut tak lepas dari perhatian Kementerian Perikanan dan Kelautan Pusat serta bantuan provinsi dan kabupaten yang telah membantu mesin pengolah abon tahun lalu dan untuk pembudidaya mesin pengolahan pakan ikan,” katanya. (Ant/OL-13)

Sumber dari http://www.mediaindonesia.com/read/2011/01/29/199539/127/101/Kapuas-Targetkan-Produksi-5-Ribu-Ton-Ikan

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s