Gula Semut = Gula dan Semut ?

Gula Semut ? saya sempat terbengong-bengong ketika mendapat sms dari seorang adik ipar yang menawarkan Gula Semut sebanyak 1,5 ton. Bukan maslah tonasenya tetapi istilah Gula Semut yang rada-rada aneh. Bukankah Gula Semut adalah Gula dan Semut ? apa gula yang dibuat dari semut ?

Sampai akhirnya saya membuka Google Search, saya banyak mendapatkan informasi tentang Gula Semut tersebut. Mau tahu hasil pencarian saya ? yuuuuuk kita simak bersama dibawah ini…….

Pengertian Gula Semut menurut Wikipedia

Gulasemut-Gambarbumiganesa.com

Gulasemut-Gambarbumiganesa.com

Gula semut merupakan gula merah versi bubuk dan sering pula disebut orang sebagai gula kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yg bersarang di tanah [1]. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon kelapa atau pohon aren (enau). Karena kedua pohon ini masuk jenis tumbuhan palmae maka dalam bahasa asing, secara umum gula semut hanya disebut sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker.

Permintaan akan gula semut terus meningkat dari waktu ke waktu. Ini tidak lepas dari usaha para produsen gula semut yang terus melakukan pendidikan pasar. Terutama terhadap target pasar industri yang sangat mempertimbangkan efisiensi, mereka terus menonjolkan sisi kepraktisan dari gula semut dibandingkan dengan menggunakan gula merah biasa. (http://id.wikipedia.org/wiki/Gula_semut).

Cara Pengambilan Nira dari Pohon Aren

menyadap aren-www.gula-semut-aren.blogspot.com

menyadap aren-www.gula-semut-aren.blogspot.com

Pengambilan nira-www.gulasemutjogja.com

Pengambilan nira-www.gulasemutjogja.com

Pengambilan Nira dilakukan jika pohon enau berusia 10 tahun dengan tinggi 15-20 meter. Agar Nira yang dihasilkan maksimal, pohon enau dibersihkan dari tumbuhan pengganggu, termasuk buahnya, sehingga yang tertinggal cuma tandannya.

Kelopak seputar tandan buah yang tumbuh tiap dua kali seminggu itu diketuk-ketuk dengan menggunakan pemukul khusus yang dibuat dari batang kayu dadap sepanjang 40 cm. Main tepuk itu berjalan sekitar lima menit dan berlangsung satu setengah bulan. (Sumber dari www.gula-semut-aren.blogspot.com)

Cara Pembuatan Gula Semut

Prinsip membuat gula semut tidak berbeda dari membuat gula aren cetak biasa.Yang kita perlukan adalah nira segar, warna bening kekuningngan dan berbau harum. Nira yang sudah mengalami proses peragian atau cenderung menjadi lahang (cuka aren) tidak akan bisa menjadi gula semut.

Untuk mendapatkan bahan baku gula semut yang prima, nira hasil pengumpulan sehari langsung di godog (dipanaskan) dalam sebuah wajan. Bila jumlahnya tidak mencukupi, calon gula semut ini “parkir” sejenak di kuali untuk menunggu hasil sadapan berikutnya.Menumpuk “calon gula semut” seperti ini memang paling aman dari pada menimbun nira dalam bentuk cairan. Ketika hasil sadapan yang baru turun, nira segar ini langsung diceburkan ke adonan calon gula tadi untuk di godog lebih lanjut.

Selama proses pemasakan, api harus dijaga, jangan sampai terlalu besar untuk mencegah jangan sampai lidahnya menjilat permukaan kuali. Kalau ini dibiarkan, sirop gula akan gosong, berwarna hitam, rasanya pahit dan keharumannyapun menghilang berganti dengan bau asap. Tujuan dari penggodongan adalah menguapkan kandungan air sehingga yang tertinggal adalah sirup gula kental seperti foto diatas.Tanda-tandanya adalah membutuhkan tenaga ekstra saat mengaduk dan apabila dituang, sirup gula jatuhnya tidak mengucur melainkan terputus-putus. . Sampai di tahap ini terjadi perbedaan treatment antara gula cetak aren dan gula semut aren. Yang hendak dicetak, langsung dituang ke dalam potongan-potongan bambu atau setengah tempurung kelapa.

Sementara calon gula semut, dibiarkan istirahat sejenak. Setelah agak dingin baru diaduk-aduk/di godek kembali agar pengurangan panasnya terjadi secara merata.Pengadukan dilakukan dalam wajan yang sama dengan menggunakan sebatang kayu pendek sampai gula tersebut mengkristal. Setelah beberapa lama pengadukan diteruskan dengan punggung batok kelapa bergagang dengan tujuan agar kristal-kristal gula lebih halus dan merata. (http://gula-aren.blogspot.com/2008/10/membuat-gula-semut.html).

Manfaat Gula Semut

Gula semut dapat dibuat menjadi berbagai macam rasa dengan khasiat yang berbeda-beda, Misalnya:

  • Gula semut jahe dapat mencegah dan mengurangi angin, batuk, flu, perut kembung.
  • Rasa kencur dapat mencegah dan mengurangi pegel linu, encok, sakit perut.

Ragam cara penggunaan:

  • Sebagai minuman instan yang menyegarkan dan menyehatkan.
  • Dapat ditaburkan pada roti tawar sebagai pengganti/campuran meses.
  • Sebagai penguat rasa dan penguat minuman (Ex:kopi jahe, susu jahe,dll).

(Sumber dari http://www.gulasemutjogja.com)

Manfaat lainnya bisa dilihat dari artikel berikut :

Gulasemut-gambarFoto: wln/detikfood

Gulasemut-gambarFoto: wln/detikfood

Jika takut mengkonsumsi gula, Anda bisa mencoba jenis gula ini. Gula semut namanya, bentuknya yang berbutir halus seringkali disebut orang dengan nama gula kristal. Ada juga yang menyebutnya gula semut karena bentuknya yang mirip dengan rumah semut yang bersarang di tanah.

Gula semut ini sebenarnya adalah gula merah dalam bentuk bubuk. Bahan dasar yang digunakan adalah nira dari pohon kelapa atau aren. Sehingga tak sedikit orang yang menyebut gula semut ini dengan nama gula palm. Gula semut bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir untuk campuran minum teh ataupun kopi. Rasa manisnya tidak seperti gula pasir, sehingga tidak membuat gula darah melonjak naik.

Gula semut ini terdiri dari beberapa jenis pilihan rasa. Mulai dari yang natural, cinnamon, vanilla, hingga rasa jahe. (http://food.detik.com/read/2010/06/18/142932/1381308/904/manis-sehat-si-gula-semut).

Bentuk fisik Gula Semut

Gula semut -www.gula-semut-aren.blogspot.com

Gula semut -www.gula-semut-aren.blogspot.com

Gula Semut -www.gula-semut-aren.blogspot.com

Gula Semut -www.gula-semut-aren.blogspot.com

Gula semut merupakan gula merah versi bubuk warna bening kekuningan dan berbau harum. Sering pula disebut orang sebagai gula kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yg bersarang di tanah.

Produsen Gula Semut

Sumber dari http://id.wikipedia.org/wiki/Gula_semut

Nah itulah artikel tentang Gula Semut, jadi jangan salah sangka lagi kalau Gula Semut adalah Gula dari Semut. Cukup jelas bukan ? Terima Kasih.

Penyunting : Halimi,SE,MM.

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Bisnis, Peluang Usaha dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Gula Semut = Gula dan Semut ?

  1. ape berkata:

    mantappppppp….hatur nuhun kanda….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s