Gula Jawa = Gula dari Jawa ?

Nah sekarang jangan bingung lagi sama seperti ketika mendengar Gula Semut, sedikitnya kita mengenal Gula Jawa atau Gula Merah bukan? Tapi jangan lagi dibuat bingung dengan Gula Jawa = Gula dari Jawa. Itu hanya istilah atau nama dari produk gula yang kita kenal.

Untuk  lebih jelasnya mari kita simak beberapa artikel dibawah ini…………

Pengertian Gula Merah atau Gula Jawa

Gula merah atau gula Jawa biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Bunga (mayang) yang belum mekar diikat kuat (kadang-kadang dipres dengan dua batang kayu) pada bagian pangkalnya sehingga proses pemekaran bunga menjadi terhambat. Sari makanan yang seharusnya dipakai untuk pemekaran bunga menumpuk menjadi cairan gula. Mayang membengkak. Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gula secara bertahap. Cairan biasanya ditampung dengan timba yang terbuat dari daun pohon palma tersebut. Cairan yang ditampung diambil secara bertahap, biasanya 2-3 kali. Cairan ini kemudian dipanaskan dengan api sampai kental. Setelah benar-benar kental, cairan dituangkan ke mangkok-mangkok yang terbuat dari daun palma dan siap dipasarkan. Gula merah sebagian besar dipakai sebagai bahan baku kecap manis. (Sumber dari http://id.wikipedia.org/wiki/Gula_merah).

Proses Pembuatan Gula Jawa

Penyadap nira-Gambar gendiskrambil.blogspot.com

Penyadap nira-Gambar gendiskrambil.blogspot.com

Gula jawa atau gula merah dibuat dari nira. Nira adalah cairan yang dikeluarkan oleh bunga tumbuhan dari pohon kelapa.

Tahap pertama dari pembuatan gula jawa ini tentu saja pengambilan nira dari pohonnya. Secara umum nira diambil dengan cara mengikat bunga (mayang) yang belum mekar (kadang-kadang dipres dengan dua bilah kayu) pada bagian pangkalnya sehingga menghambat proses pemekarannya. Sari-sari makanan yang seharusnya dipakai mayang untuk menjadi mekar akan terkumpul menjadi cairan gula. Mayangpun membengkak.

Menyadap aren-www.gulasemutjogja.com

Menyadap aren-www.gulasemutjogja.com

Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gula secara bertahap. Cairan itu adalah nira. Nira kemudian ditampung dengan pongkor yang terbuat dari bambu atau ember kecil. Nira yang tertampung ini diambil secara bertahap, biasanya 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore

Tahap selanjutnya adalah tahap memproses cairan nira. nira kelapa atau legen disaring agar bersih kemudian dididihkan dalam wajan besar sampai kental. Selama proses tanak gula kelapa harus sering diaduk agar tidak hangus. Setelah menjadi pekat gula diturunkan sambil terus diaduk. Adonan yang siap dicetak dituangkan ke dalam cetakan yang terbuat dari tempurung berupa lingkaran yang terbuat dari iratan bambu, bambu yang dipotong-potong, atau kotak-kotak yang terbuat dari kayu.

Gula kojor-gula-semut-aren.blogspot.com

Gula kojor-gula-semut-aren.blogspot.com

Gula Jawa-www.brown-sugars.com

Gula Jawa-www.brown-sugars.com

Pengemasan dilakukan dengan cara membungkus gula dengan krakas/daun pisang kering, atau daun waru kering untuk gula yang dicetak memakai tempurung. Klaras dan daun kelapa atau gedebok pisang yang dikeringkan untuk gula yang dicetak berbentuk lingkaran datar. Pengemasan juga bisa menggunakan plastik terutama untuk gula yang berbentuk balok. Gula yang sudah dikemas kemudian disimpan di tempat yang kering .
Sumber dari http://gendiskrambil.blogspot.com/2010/07/proses-pembuatan-gula-jawa.html.

Manfaat Gula Jawa

GULA JAWA (GULA KELAPA), OBAT ALTERNATIF UNTUK DIARE DAN PANAS DALAM

Obat alternatif biasanya ditemukan di masyarakat tradisional dengan kebijakan lokalnya. obat – obat alternatif yang ada di masyarakat Indonesia biasanya di turunkan turun temurun dalam suatu keluarga, hasil dari proses mencoba yang dilakukan para leluhurnya.

Campuran tepung kanji dan gula jawa (gula kelapa) ternyata juga mempunyai khasiat untuk menyembuh diare dan juga panas dalam. Khusus untuk diare, gula jawa yang sudah di campur dengan tepung kanji berfungsi seperti oralit (pengganti cairan tubuh), selain itu gula jawa yang mengandung glukosa menjadi media memulihkan tenaga para penderita diare yang biasanya mengalami rasa lemas yang berat pada seluruh bagian tubuhnya.

Gula jawa (gula kelapa) menjadi obat altenatif diare dan panas dalam dengan diseduh dengan air panas dan di campur tepung kanji.

MANFAAT LAIN GULA JAWA ATAU GULA KELAPA (PENGOBATAN LUKA LUAR)

Pengobatan turun temurun dari nenek moyang biasanya melibatkan unsur – unsur alam yang organik. Pengobatan seperti ini sudah banyak di tinggalkan oleh masyarakat secara umum karena di anggap kuno. Padahal pengobatan yang diturunkan oleh nenek moyang kita merupakan pengobatan yang bersifat herbal dan sedikit sekali efek sampingnya.

Salah satu jenis pengobatan tersebut adalah penyembuhan luka luar dengan gula jawa (gula kelapa) dan bawang merah, resep ini adalah resep sudah turun menurun di ajarkan kepada sebagian masyarakat jawa tengah dan telah dipraktekan berkali-kali serta hasilnya pun sangat efektif.

Berikut cara pembuatannya :
1. Ambil gula merah (gula jawa) secukupnya
2. Ambil bawang merah secukupnya lalu dikupas dan bersihkan
3. Baik gula merah maupun bawang merah dikunyah bersama didalam mulut
4. Lumat keduanya sampai kedua bahan tersebut bercampur dan halus
5. Luka yang ada sebelum diolehkan campurab kedua bahan tersebut terlebih dahulu dibersihkan dan keringkan
6.Kemudian bubuhkan bahan tadi pada luka
7. Jangan dilupakan juga berdoa pada yang Maha Kuasa

Dari proses diatas biasanya luka luar yang terjadi akan cepat mengering dan pendarahan juga akan cepat berhenti. Kelebihan lainnya adalah pengobatan tersebut tidak menimbulkan rasa perih pada luka dan bekas luka pun juga tidak meninggalkan bekas.

Sumber asli dari http://gendiskrambil.blogspot.com/2010/07/manfaat-lain-gula-jawa-pengobatan-luka.html.

Sampai disini dulu karena suda cukup lama mengetik, semoga artikel bermanfaat bagi anda. Salam.

Penynting : Halimi,SE,MM.

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Bisnis, Peluang Usaha dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s