Angka Kemiskinan di Kota Cirebon Ditekan Hingga 12%

CIREBON, (PRLM).- Masih tingginya angka kemiskinan di KotaCirebon, membuat Wakil Wali Kota Cirebon, Drs H Sunaryo H.W., SIP, MM mengajak lembaga Badan Amil Zakat (BAZ) bersama pemerintah setempat menekan hingga ke angka 12% pada tahun 2013 dari 21% lebih di tahun 2010. Keinginan orang nomor dua di kota udang ini disampaikan sesaat sebelum membuka acara Rapat Kerja (RAKER-BAZ) Kota Cirebon tahun 2011.

“Pemerintah sangat bersunguh-sungguh dalam meningkatkan zakat di Kota Cirebon, baik dalam dimensi sosial maupun dalam pranata keagamaan lainnya. Selain untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat juga pengurangan angka kemiskinan yang ada. Maka seluruh komponen diharapkan bisa berzakat dengan sebaik-baiknya,” harap Sunaryo HW, Kamis (13/01), di gedung BAZ Kota Cirebon.

Menurut Ketua Pelaksana Raker BAZ, Drs H Ahmad Chafied, MBA, kegiatan Raker BAZ ini lebih dilatarbelakangi oleh keinginan masyarakat akan adanya peningkatan kuantitas dan kualitas padapelaksanaan pengumpulan maupun pendayagunaan zakat yang mendorong perlunya peningkatan kinerja pengurus BAZ kota cirebon.

“Ya tujuannya ingin memaksimalkan hasil pengumpulan zakat, infaq dan sodakoh. Juga untuk meningkatkan kinerja pengurus BAZ, Kecamatan dan UPZ Kelurahan. Selain itu, untuk membentuk rasa tanggung jawab dan kebersamaan bagi seluruh komponen masyarakat untuk kaum dhuafa, maka diharapkan adanya peningkatan terutama dalam penyaluran dan pendistribusian hasil zakat, infaq dan shodaqoh dengan tepat sasaran,” jelasnya.

Sedang menurut Ketua BP-BAZ Kota Cirebon, Drs H Moh.Farid Marzuki, zakat sesungguhnya mempunyai peran penting dalam pembangunan ekonomi kerakyatan apabila dikelola secaraprofesional dengan disertai kesadaran yang tinggi oleh para Muzakki. Tetapi semua itu akan berarti tanpa adanya perencanaan yang baik serta program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan direncanakan secara berkesinambungan.

Selain itu, Farid Marzuki juga berharap agar Pemkot segera membuatkan payung hukum berupa Peraturan daerah (Perda) tentang zakat agar keseriusan berzakat dapat dilaksanakan oleh seluruh komponen masyarakat dan keluarga besar PNS sehingga bisa mendorong kemampuan anggaran zakat semakin tinggi dan hasilnya akan semakin banyak warga fakir miskin yang terbagi.

“Jika ini tercapai, kesejahteraan rakyat bisa terdongkrak sekaligus juga menekan angka kemiskinan yang ada. Maka pemerintah kota diharapkan bisa segera membuatkan Perda zakat. Perda ini juga akan menjadi payung hukum yang jelas mengingat ada oknum yang menghendaki BAZ kota Cirebon dihapus dengan alasan yang tak jelas,” pintanyasaat memberikan sambutan Raker BAZ. (din/A-147)

Sumber dari http://www.pikiran-rakyat.com/node/132207

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s