wirausaha

PENGERTIAN WIRAUSAHA

Raymond Kao dalam buku berjudul Defining Entrepreneurship menyatakan bahwa entrepreneur adalah orang yang menciptakan kemakmuran dan proses peningkatan nilai tambah, melalui inkubasi gagasan, memadukan sumber daya dan membuat gagasan menjadi kenyataan. Sedangkan entrepreneurship (kewirausahaan) menurut Kao adalah suatu proses melakukan sesuatu yang baru dan berbeda dengan tujuan menciptakan kemakmuran bagi individu dan memberi nilai tambah pada masyarakat.
Definisi yang dibuat Kao menunjukkan secara jelas unsur–unsur yang membedakan entrepreneur dengan orang lain, yakni adanya gagasan baru (inovasi), keberanian mengambil risiko, penciptaan nilai tambah, dan yang terpenting, ditujukan bagi kemakmuran masyarakat luas. Sesuatu yang mulia bukan?
Pakar Manajemen Bisnis yang lagi naik daun, Dr. Rhenald Kasali memberikan definisi yang lebih tegas. Entrepreneur adalah seseorang yang menyukai perubahan, melakukan temuan-temuan yang membedakan dirinya dengan orang lain, menciptakan nilai tambah, memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain, karyanya dibangun berkelanjutan (bukan ledakan sesaat) dan dilembagakan agar kelak dapat bekerja efektif di tangan orang lain.
Untuk memudahkan, barangkali akan lebih baik jika kita cukup mengingat lima ciri seorang entrepreneur unggulan (excellent entrepreneur), yakni:
1. Berani mengambil risiko.
Artinya, berani memulai sesuatu yang serba tidak pasti dan penuh risiko. Tentu tidak semua risiko diambil melainkan risiko yang telah diperhitungkan dengan cermat (calculated risk).
2. Menyukai tantangan.
Segala sesuatu dilihat sebagi tantangan, bukan masalah. Perubahan yang terus terjadi dan jaman yang serba edan menjadi motivasi kemajuan bukan menciutkan nyali seorang entrepreneur unggulan. Dengan demikian, seorang entrepreneur akan terus memacu dirinya untuk maju, mengatasi segala hambatan.
3. Punya daya tahan yang tinggi.
Seorang entreprenur harus banyak akal (bukan akal–akalan) dan tak mudah putus asa. Ia harus selalu mampu bangkit dari kegagalan dan tekun.
4. Punya visi jauh ke depan.
Segala yang dilakukannya punya tujuan jangka panjang meski dimulai dengan langkah yang amat kecil. Ia punya target untuk jangka waktu tertentu. Bagaimana tahun berikutnya, 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, dst. Usahanya bukan letupan – letupan sesaat dan bukan pula karena latah (ikut–ikutan).
5. Selalu berusaha memberikan yang terbaik.
Entrepreneur akan mengerahkan semua potensi yang dimilikinya. Jika itu dirasa kurang, maka ia akan merekrut orang–orang yang lebih berkompeten agar dapat memberikan yang terbaik kepada pelanggannya.

by. paulus winarto

DEFINISI  WIRAUSAHA

Entrepreneur dari padanan kata dalam bahasa inggris, entrepreneur. Entrepreneur sendiri berasal dari bahasa perancis ENTREPRENDRE yg sdh dikenal sejak abad ke 17. Yang artinya menjalankan, melakukan, dan berusaha.

Dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai WIRAUSAHA. WIRA ; gagah berani, Usaha; bisnis, jadi WIRAUSAHA ; orang yg berani atau perkasa dalam usaha/bisnis

Beberapa pengertian entrepreneur :

Entreprenuer adalah seorang inovator yang menggabungkan teknologi yg berbeda dan konsep2 bisnis utk menghasilkan produk/jasa baru yang mampu mengenali setiap kesempatan yg menguntungkan, menyusun strategi dan yang berhasil menerapkan ide idenya. Selain itu entrepreneur adalah mereka yg mampu memajukan perekonomian masyarakat , berani mengambil resiko, mengkoordinasikan kegiatan , mengelola modal atau sarana produksi , mengenalkan fungsi produksi baru , serta memiliki respon kreatif dan inovatif terhadap perubahan yg terjadi. Entrepreneur merujuk pada kepribadian yg mulia yg mampu berdiri diatas kemampuan sendiri, mampu mengambil keputusan, serta menerapkan tujuan yg dicapai atas dasar pertimbangannya sendiri.

Intrepreneur bukanlah sekedar pedagang, namun bermakna jauh lebih dalam, yaitu berkenaan dengan mental manusia, rasa percaya diri, effisien waktu,kreatifitas, ketabahan, keuletean, kesungguhan dan moralitas menjalankan usaha mandiri.

Entrepreneur adalah penentu resiko , yg aktif berinovasi dan berusaha memperkecil resiko, sehingga dia benar2 paham dan sadar akan resiko yg dihadapi (resiko yg terukur dan dibatasi)

Entrepreneur adalah seseorang yg memiliki kemampuan kreatif, mampu menghasilkan ide ide serta menerapkannya, sehingga menjadi sesuatu yg bermanfaat dan menguntungkan.

5 sikap seorang entrepreneur ;
1. Sikap mandiri
2. Sikap inovatif
3. Sikap proaktif
4. Sikap bersaing secara agresif
5. Sikap pengambil resiko yg bertanggung jawab

Kesimpulannya : dalam mengelola bisnis di jaman sekarang, jadilah seorang profesional yg handal yg juga memiliki jiwa dan sikap intrepreneur.

by. e g u

http://majumapan.com/wirausaha/pengertian-wirausaha#more-1652

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Bisnis, Peluang Usaha dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s