Jenglot Ditemukan di Cirebon

TEMPO Interaktif, Cirebon -Warga Cirebon dihebohkan dengan temuan makhluk sejenis jenglot atau yang dikenal dengan nama buncul oleh warga sekitar. Makhluk aneh dengan panjang sekitar 30 cm dan berbadan hitam itu memiliki 2 tangan dengan lima jari berkuku panjang.

Posisi kepala terlihat terangkat dengan gigi yang runcing. Matanya tidak terlihat karena ditutupi kain hitam oleh warga. Makhlukyang memiliki rambut panjang hampir menutupi tubuhnya itu kini ditempatkan di sebuah aquarium di kompleks Gelanggang Olahraga Desa Pamijahan, Cirebon.

Sutarno, warga setempat, mengungkapkan jika buncul tersebut ditemukan di sekitar Sungai Soka yang ada di desa mereka. “Abdul Jamil, seorang warga disini yang memberitahu kalau buncul itu ada di sekitar sungai itu,” katanya Senin (17/1). Abdul Jamil sendiri diyakini warga memiliki kekuatan spiritual walaupun ia bisu.

Akhirnya pada Ahad malam (16/1) sekitar pukul 21.00 WIB, sejumlah warga pun melakukan penggalian di salah satu batu yang ada di dekat Sungai Soka. “Akhirnya ditemukan buncul itu,” katanya. Buncul pun lalu ditaruh di aquarium di salah satu rumah warga. Namun karena semakin banyak warga yang melihat, akhirnya buncul itu pun dipindahkan ke GOR yang ada di desa itu.

Dijelaskan Sutarno, keberadaan buncul sebenarnya erat dengan mitos yang diyakini oleh warga. “Warga percaya buncul itulah yang sering menenggelamkan anak-anak yang tengah bermain dan mandi di sungai,” kata Sutarno. Karenanya anak-anak pun dilarang untuk berenang di siang hari di sungai itu.

Bahkan sejumlah ibu yang sering mencuci di Sungai Soka itu pun menurut Sutarno sering melihat ada seperti ada makhluk yang melempar sesuatu sehingga menimbulkan bunyi air yang cukup keras.

Hingga berita ini diturunkan,warga masih berbondong-bondong menonton buncul yang ditempatkan di GOR.  Bahkan mereka tidak keberatan saat dipungut uang sebesar Rp 1000 oleh pemuda setempat.

IVANSYAH

Sumber dari http://www.tempointeraktif.com/hg/bandung/2011/01/17/brk,20110117-306890,id.html

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s