Menemukan Peluang Usaha Baru

Bagaimana kita dapat menemukan sebuah peluang usaha? Peluang Usaha terkadang datang dari hal-hal yang tidak terduga. Akan tetapi keberhasilan sebuah usaha bisnis tidak lepas dari kejelian seseorang menangkap peluang usaha yang mungkin mendatangkan keuntungan dan keberhasilan dalam bisnis. Peluang usaha terkadang ada tidak jauh-jauh dari sekitar kita, misalnya saja di sekitar kita ada banyak barang bekas yang tidak terpakai. Barang bekas tidak terpakai ternyata bisa diolah menjadi aneka kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Gedebok pisang yang merupakan bahan yang seolah tidak bisa dimanfaatkan ternyata bisa diolah menjadi aneka kerajinan tas, sandal dan souvenir.
Banyak hal yang bisa kita sulap menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan, kuncinya adalah kreativitas dan kejelian kita menangkap peluang itu. Ada kalimat bijak mengatakan “Peluang akan datang sejauh mana kita siap menerima peluang itu”.  Selanjutnya dari mana kita bisa melihat kemungkinan peluang usaha? Bagaimana memulai menangkap peluang usaha? pertanyaan yang lazim kita ajukan. Sumber pertama tentu berasal dari informasi yang masuk dalam diri kita. Informasi mengenai trend kebutuhan dan minat konsumen akan satu produk tertentu, informasi mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah yang berimbas pada kebutuhan masyarakat dan kondisi-kondisi lain. Kemampuan dan kejelian  menangkap peluang usaha merupakan modal dasar bagi keberhasilan usaha.

Contoh sederhana saat ini pemerintah sedang menggalakkan konversi minyak tanah ke gas elpiji. Dengan kebijakan tersebut kebutuhan masyarakat akan gas elpiji dan hal-hal yang berkaitan dengan kompor gas akan meningkat. Ada peluang usaha dalam bidang penjualan gas elpiji, kompor gas dan asesorisnya, peluang usaha service kompor gas secara berkala dan lain-lain. Informasi semacam inilah yang memicu kita menemukan peluang usaha baru. Intinya kita harus rajin membuka mata dan telinga terhadap informasi-informasi terkini. Selain itu kita juga harus jeli melihat sisi-sisi yang belum tergarap oleh orang lain, sisi yang memiliki tingkat persaingan rendah tetapi memiliki peluang luas (Analisis SWOT). Pada awalnya orang akan sulit menemukan peluang-peluang usaha baru, tetapi bagi orang yang sudah terlatih dan terbiasa akan mudah menemukan peluang usaha baru disamping usaha lama yang terus berkembang. Usaha-usaha dalam skala kecil terkadang disepelekan orang karena potensi keuntungan yang kecil, tetapi sebenarnya jika ditekuni akan membuahkan hasil yang menjanjikan.

Informasi merupakan sumber ide menemukan peluang usaha, pertanyaan selanjutnya dari mana kita memperoleh informasi tersebut? Zaman sekarang sangat mudah sekali kita memperoleh informasi dan pengetahuan tentang banyak hal. Media massa dan media elektronik memberikan informasi yang cukup up to date dan beraneka ragam. Internet juga merupakan sumber informasi yang hampir-hampir tidak terbatas, selain website yang memberikan informasi peluang usaha, bergabung pada mailing list dan forum-forum wirausaha juga akan menambah wawasan kita menemukan usaha baru.

Banyak ide peluang usaha baru muncul dari orang-orang sukses di sekitar kita. Bergaul dan berinteraksi dengan orang sukses terkadang memberikan inspirasi peluang usaha baru, meski ide itu tidak sama dengan usaha yang digeluti denga orang tersebut. Orang sukses merupakan contoh yang baik bagi kita untuk memulai menemukan usaha. Menyimak perjalanan orang sukses sangat penting bagi kita untuk memulai usaha baru. Contoh sederhana, bila kita mengunjungi sebuah peternakan yang sukses bisa menumbuhkan inspirasi bagaimana mengolah kotoran ternak menjadi pupuk yang sangat bermanfaat bagi dunia pertanian. Pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk menjadi alternatif peluang usaha baru mengingat saat ini mulai digemari pertanian organik. Pertanian dengan meminimalkan penggunaan bahan-bahan kimia dalam proses produksi pertanian. Karena itu asahlah kemampuan menangkap peluang usaha sebagai modal dasar dan investasi tidak terhinga dalam mengembangkan usaha. (Galeriukm).

Sumber dari http://galeriukm.web.id/peluang-usaha/menemukan-peluang-usaha-baru

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Bisnis dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s