Sejarahnya Blackberry di Indonesia itu gimana sih ?

Kali ini saya penasaran cari informasi tentang Blackberry, buka sana buka sini akhirnya ketemu artikelnya deh. Mau tahu ? coba simak aja dibawah ini .

SEJARAH BLACKBERRY RIM RESEARCH IN MOTION: Pembuat BlackBerry Itu Juga Tokoh di Industri Film.

Kesuksesan BlackBerry menjadi ikon gaya hidup manusia masa kini, tidak terlepas dari peran Mike Lazaridis. Pria, yang tahun ini berusia 49 tahun, adalah pengusaha sukses yang merintis kariernya dari nol. Berawal dari ketertarikannya pada perkembangan teknologi komunikasi saat di bangku sekolah, Mike memulai usahanya di akhir masa kuliah. Selain membawa perubahan di dunia telekomunikasi, dia juga berjasa pada industri perfilman dunia.

Sejak berusia muda, Mike Lazaridis dikenal sebagai anak yang cerdas. Contohnya, saat masih mahasiswa, dia sudah diminta membangun jaringan komputer sebuah perusahaan otomotif besar, General Motors (GM). Meski belum mempunyai pengalaman profesional, dia tak gentar menerima tawaran tersebut.

Apalagi, nilai yang kontrak yang ditawarkan GM kepada mahasiswa jurusan komputer di Universitas Waterloo itu cukup menggiurkan bagi anak muda seperti Mike. Nilainya 600.000 dollar AS.

Dia pun membuktikan kemampuannya. Setelah berhasil membangun jaringan GM, Mike lebih percaya diri dan yakin dapat membangun bisnis perangkat komputer sendiri. Keinginannya yang kuat mendirikan perusahaan sendiri mendapat sokongan dari kedua orangtuanya.

Apalagi, sang Ayah mempunyai keahlian yang tidak jauh berbeda dengan Mike, yaitu sebagai teknisi elektronik. Akhirnya, dana sekitar 15.000 dollar AS diberikan orangtuanya. Dengan duit itu, Mike mendirikan perusahaan sendiri bernamaResearch in Motion (RIM) pada tahun 1984. Saat itu usianya baru 23 tahun.

Dalam menjalankan perusahaan itu, Mike tidak sendirian. Dia dibantu adiknya, Jim Lazaridis Balsillie. Sang adik diserahi tugas menjadi Chairman RIM yang menangani sisi bisnis perusahaan, sedangkan Mike fokus pada pengembangan produk dan riset, serta arah kebijakan perusahaan.

Agar lebih fokus pada perusahaan yang baru dibangunnya, Mike memutuskan mengundurkan diri dari kuliahnya. Pengunduran dirinya sempat mengagetkan semua orang. Pasalnya, selain sebagai mahasiswa yang cerdas, waktu perkuliahan hingga kelulusan hanya tinggal dua bulan lagi.

Namun, baginya, pesta kelulusan dan mendapatkan ijazah hanyalah sebuah tradisi di kampus. Menurutnya, dunia kerja adalah dunia yang sesungguhnya bagi seorang mahasiswa. Dia pun berupaya keras mewujudkan prinsip itu.

Pengorbanannya tersebut tidak sia-sia. Buktinya, sejak mengundurkan diri dari bangku kuliah, dan berbekal pengalamannya membangun jaringan komputer sekelas GM, dia mampu mendapatkan berbagai proyek baru.

Salah satunya pada tahun 1987. RIM mendapat kontrak yang cukup besar dari Rogers Cantel Mobile Communications. Tugasnya membantu perusahaan tersebut mengubah programnya. Selanjutnya, RIM ditugaskan membuat jaringan digital nirkabel.

Namun, bukan itu yang mengangkat nama Mike ke dunia internasional. Namanya mulai dikenal berkat proyek yang didapatkan dari Dewan Film Nasional Kanada pada awal tahun 1990-an. Dewan perfilman di sana meminta Mike membuat terobosan dalam dunia perfilman, terkait dengan cara mengedit film.

Mike menjawab proyek yang diterimanya itu dengan teknologi temuannya sendiri. Teknologi yang diberi nama Digi-Sync Film KeyKode Reader itu berperan penting dalam dunia perfilman Kanada. DigiSync Film merupakan peralatan otomatis yang membantu proses penyatuan negatif film.

Dengan perangkat tersebut, editor film bisa bekerja lebih cepat dalam melakukan proses pengeditan. Kecepatan alat itu mencapai satu banding enam. Jika sebelumnya waktu yang diperlukan untuk mengedit film selama lebih dari dua jam, dengan alat tersebut hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Alat tersebut adalah penemuan baru dalam industri film dan mempermudah para pekerja industri film. Dus, teknologi ciptaan Mike ini dipakai oleh seluruh industri film. Tidak hanya di Kanada, tetapi juga di Hollywood. Berkat temuannya itu, Mike mendapatkan penghargaan prestisius, yaitu Emmy Award dan Academy Award. KOMPAS.com.

Blackberry, Sejarah Blackberry, BB, RIM, Research in Motion, Kapan RIM Berdiri, Penemu BB BlackBerry, Tips Beli BlackBerry Baru Bekas Second

Sumber dari : http://besteasyseo.blogspot.com/2010/07/sejarah-blackberry-rim-research-in.html

//
//

Sejarah Panjang Handphone RIM Blackberry

Ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu maka sayangilah BlackBerry anda lebih dalam dengan mengetahui bagaimana kisah hidupnya. Inilah kisah RIM (Research In Motion) selaku developer BlackBerry mengantarkan smartphone…
multifungsi ke dalam genggaman anda.

1984 – Pada tahun 1984 RIM (Research In Motion) didirikan oleh Mike Lazaridis, hingga sekarang menjabat sebagai president dan Co-CEO bersama dengan Douglas Fregin sebagai Vice President of Operations. Mereka membangung RIM untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu computer.

1988 – RIM menjadi developer kedua di dunia dalam mengembangkan produk untuk Mobitex Wireless Network. Inilah awal jaringan RIM Pager BlackBerry mulai bekerja.

1990 – RIM mulai memasuki pasaran dengan memperkenalkan DigiSync Film KeyKode Reader, Digital Footage, Frame, dan kalkulator waktu yang akan ternama di kalangan editor dan pemotong negatifHollywood. RIM mengubah waktu editing dari 2 jam menjadi 20 menit.

1998 – RIM mulai memperkenakan RIM 950 Wireless Handheld. Komputer handheld ini kemudian disebut sebagai BlackBerry. Perangkat ini menawarkan enam baris tampilan, bisa digunakan untuk email dasar, paging dua arah, browsing halaman yang telah diformat dengan konten berita, cuaca, bursa saham, informasi wisata.

2000 – RIM mengenalkan RIM 857/957 Wireless Handheld dan mengumumkan pembangunan jaringan untuk Java. Selain itu BlackBerry 5790 juga dirilis sekitar tahun ini, Handheld ini memiliki memory 16Mb flash memory.

2001 – Pada tahun 2001 RIM mensupport untuk Lotus Notes and Domino dalam BlackBerry Enterprise Server. Pada tahun ini pula RIM memulai debut handheld berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) OS.

2002 – Tahun 2002 adalah tahun yang penting bagi RIM. Di tahun ini RIM merilis beberapa device yang cukup mempengaruhi perkembangan ponsel di dunia.

1. BlackBerry 5810. Ini adalah seri pertama BlackBerry dengan fitur GSM/GPRS radio. Device pertama di dunia dengan GSM/GPRS radio

2. BlackBerry 6510. Dibekali dengan fitur walkie-talkie

3. BlackBerry 6750. Device pertama BlackBerry untuk pengguna CDMA20001X Wireless Network.

4. BlackBerry 6710 dan BlackBerry 6720 dengan fitur integrated speaker/microphone serta kemampuan international roaming pada GSM/GPRS.

2003 – Dirilisnya device GSM BlackBerry 6210, BlackBerry 6220 > BlackBerry 6230 (Masih berlayar Monokrom). Lalu kemudian hadir 3 seri lagi dengan layar warna yaitu BlackBerry 7230, BlackBerry 7210 dan BlackBerry 7280. BlackBerry 7730 juga dirilis pada tahun 2003 dengan layar warna yang besar dan merupakan device pertama RIM dengan Tri Band GSM.

2004 – RIM berusia 20 tahun. Saat ini pengguna RIM telah mencapai 2 juta di seluruh dunia. Pada tahun ini pula RIM merilis BlackBerry 7510 > 7520 yang merupakan device BlackBerry pertama dengan fungsi GPS dan juga merupakan BlackBerry pertama dengan speakerphone yang mensupport Nextel’s Walkie-Talkie.

2005 – Pada 2005 pengguna RIM telah mencapai 4 juta di seluruh dunia. 2 kali lipat dari tahun sebelumnya. Ini adalah tahun untuk BlackBerry 8700 dengan layar warna, themes, Bluetooth, Quad-band support, dll. Pada akhir tahun ini juga RIM mengenalkan BlackBerry 7130, BlackBerry berlayar warna pertama untuk device CDMA BlackBerry.

2006 – RIM kian menjadi partner bisnis dengan merilis BlackBerry Enterprise Server Express yang dapat diunduh gratis.

8 April 2008 – FBI dibekali dengan BlackBerry 8830 World Edition sebanyak 19,500 unit

12 Mei 2008 – Smartphone BlackBerry yang sebelumnya identik dengan dunia usaha mulai merambah ke entertainment dengan hadir nya BlackBerry Bold. Model yang lebih modis dengan resolusi layar tinggi sehingga membuat gambar yang ditampilkannya terlihat utuh. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara yang jernih jika digunakan untuk memutar music.

10 September 2008 – Hadir BlackBerry dengan desain Flip. BlackBerry Pearl Flip.

8 Oktober 2008 – RIM mulai merilis BlackBerry berteknologi layar sentuh yang inovatif dengan nama BlackBerry Storm. Verizon dan Vodafone memamerkan BlackBerry Storm sebagai Smartphone pertama di dunia dengan layar sentuh yang clickable (layar sentuh yang bisa di click karena pegas kecil yang ditanamkan dibawah layar). Teknologi layar sentuh ini disebut SurePress. Karena inovasi pada Touchscreen nya ini maka BlackBerry Storm meraih penghargaan Best Mobile Technology Breakthrough pada GSMA 14th Annual Global Mobile Awards.

1 April 2009 – Mulai dibuka toko online BlackBerry App World, tempat para pengguna BlackBerry mengunduh program.
Sumber dari http://kask.us/4744274 oleh volte

Sumber dari http://hotkaskus.blogspot.com/2010/07/sejarah-panjang-hanphone-rim-blackberry.html

Sejarah Blackberry di Indonesia

Setelah kemarin saya memposting tentang Paket Irit Indosat Blackberry hari ini bertepatan dengan tanggal 17 agustus 2010 yaitu hari perayaan kemerdekaan bangsa kita Republik Indonesia saya akan mengulas sedikit tentang Sejarah Blackberry di Indonesia.

Blackberry atau BB (istilah gaulnya) memang sunguh fenomenal. Handled ajaib besutan RIM tersebut sudah menjadi gaya hidup dan menjadi trend tersendiri di republik ini. Mari kita telaah berapa jauh perjalanan atau sejarah Blackberry di Indonesia :

1. Blackberry pertama kali di perkenalkan pada tahun 1997, sedangkan di Indonesia sendiri BB hadir pertama kali di bawa oleh Indosat yaitu pada pertengahan Desember 2004.

2. Sudah lebih dari 100 juta perangkat Blackberry yang terjual di seluruh dunia,termasuk Indonesia.

3. Untuk saat ini RIM mencatat sudah ada kurang lebihnya 46 juta pelanggan Blackberry secara global.

4. Dari angka di atas di sinyalir 20 juta nya adalah pemakai Blackberry Mesenger atau biasa di singkat BBM.

5. Dari situs resmi blackberry yaitu http://www.blackberry.com tercatat 1 juta aplikasi telah di download setiap harinya oleh para Blackberry User.

6. Di Indonesia saat ini tercatat ada 6 operator yang berkerjasama dengan RIM, mereka adalah Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three, dan Smart telecom.

7. Menurut catatan ke enam operator di atas saat ini pengguna Blackberry di Indonesia sudah mencapai 1,5 juta pelanggan.

8. Pada tahun lalu (2009) pertumbuhan pengguna Blackberry di Indonesia mencapai 500%.

Sejarah Blackberry di indonesia memang sangat fantastis pertumbuhannya, sepertinya tidak ada yang menyamai rekor pertumbuhan seperti ini. Hmmm,…… Sejarah Blackberry di indonesia memang fenomenal

Sumber dari http://bbpin.info/news/sejarah-blackberry-di-indonesia.html#more-57

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s