Makanan Sehat

Pengertian Makanan Sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Makanan sehat itu mengandung gizi yang seimbang, yaitu makanan yang sarat gizi dan baik dikonsumsi oleh tubuh.

Tujuan memakan makanan sehat bagi tubuh kita adalah untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang secara baik. Makanan sehat dan bergizi seimbang bukan berarti makanan yang mahal dan enak.

Namun,  makanan sehat adalah makanan yang mengandung nilai gizi dan diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, makanlah makanan yang bergizi agar secara teratur.

Makanan sehat akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Jika makanan yang dikonsumsi cukup mengandung gizi yang diperlukan oleh tubuh, maka pertumbuhan badan dan otaknya juga menjadi lancar. Namun, apabila makanan yang dikonsumsi kurang mendapat asupan gizi maka pertumbuhan tubuh anak menjadi lambat dan selain itu anak mudah terserang penyakit.

Agar tubuh berkembang secara normal, Anda sebaiknya tidak makan berlebihan. Memakan makanan yang berlebihan bisa mengakibatkan tubuh  gemuk.

Tubuh yang terlalu gemuk  menjadikan Anda kurang lincah dalam bergerak.  Disamping itu, tubuh yang gemuk itu juga tidak baik bagi kesehatan. Misalnya, aliran darah kurang bekerja secara optimal, napas menjadi sesak, dan jantung bekerja lebih berat.

Jadi, makanan yang baik bagi pertumbuhan tubuh adalah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Apakah arti dari makanan sehat? Makanan yang sehat yaitu makanan yang  mengandung gizi yang cukup dan diperlukan oleh tubuh.

Makanan sehat menurut ahli gizi mengandung empat macam makanan, yaitu: makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah. Mari kita telusuri masing-masing makanan!

Makanan Pokok

Makanan pokok banyak mengandung karbohidrat (zat tepung). Misalnyal nasi, jagung, roti, singkong, dan sagu. Karbohidrat sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga.  Dari sumber tenaga ini, kita bisa melakukan segala aktivitas atau kegiatan. Jadi, agar tubuh bertenaga maka setiap hari kita harus makan karbohidrat yang cukup yang bisa diambil dari nasi, roti, jagung, singkong, maupun sagu.

Lauk Pauk

Lauk pauk banyak mengandung protein dan lemak yang digunakan untuk membangun tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak. Contoh yang termasuk dalam lauk pauk adalah daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu, dan lain-lain.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah banyak mengandung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh dan tidak mudah terserang penyakit. Contoh sayur  adalah bayam, kangkung, wortel, dan lain-lain.

Sementara buah  banyak sekali macamnya, misalnya: mangga, heruk, pepaya, dan pisang. Untuk itu, setiap hari kita perlu  makan sayur dan buah yang cukup.

Dengan demikian, agar tubuh kita tetap sehat kita perlu mengkonsumsi keempat jenis makanan tersebut setiap hari. Jangan lupa menambahkan susu pada makanan sehat Anda. Empat jenis makanan dan ditambah susu inilah yang disebut dengan makanan sehat atau biasa dikenal dengan “empat sehat lima sempurna”.   Sumber dari http://www.anneahira.com/pengertian-makanan-sehat.htm

10 Jenis Makanan Sehat

Kita tentu akan sulit mengetahui atau memperoleh makanan sehat dan baik bagi tubuh apabila kita tak tahu secara spesifik gizi yang dikandung makanan tersebut. Mengosumsi makanan yang sehat dan mengandung vitamin akan lebih baik daripada kita mendapatkan vitamin dari suplemen.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui makanan apa yang baik dan sehat bagi tubuh kita serta tak mengganggu diet kita. Makanan ini membantu kita untuk menjaga fisik dan juga dapat mencegah kita dari penyakit.

  1. Kentang manis. Kentang manis merupakan makanan yang memiliki gizi yang baik. Kentang manis mengandung antioksidan, beta karoten, zat besi dan vitamin B6 dan mengandung serat. Nutrisi yang ditemukan di kentang ini dapat mencegah kanker dan juga penyakit lainnya seperti jantung.
  2. Bayam. Sayuran berwarna hijau ini mengandung karotenoid, zeazanthin dan juga kalsium yang bagus untuk tulang serta vitamin K.
  3. Brokoli. Brokoli memang baik bagi tubuh. Brokoli mengandung kalsium, vitamin A dan C. Brokoli dapat membantu daya ingat serta untuk mencegah kanker payudara.
  4. Blueberri. Blueberri sangat kaya akan antioksidan seperti beta karotin, vitamin A, C dan E serta kaya akan serat.
  5. Bawang. Bawang mengandung banyak nutrisi penting seperti potassium, kalsium, zat besi dan vitamin C. Bawang membantu untuk mencegah kanker.
  6. Tomat. Tomat mengandung banyak vitamin C.
  7. Kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung serat untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan juga kaya akan protein dan zat besi.
  8. Kismis. Kismis kaya akan zat besi, potassium, vitamin A dan juga serat yang tinggi serta selenium.
  9. Salmon. Ikan ini memang makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Salmon dan juga ikan Tuna mengandung omega-3, protein dan asam amino, kolesterol pada salmon juga lebih rendah.
  10. Susu skim. Susu ini mengandung vitamin B2 dan juga vitamin A yang dibutuhkan untuk kesehatan penglihatan. Susu skim juga kaya akan kalsium dan vitamin D yang baik untuk tulang dan gigi.                                                              Sumber dari http://kosmo.vivanews.com/news/read/129401-10_jenis_makanan_sehat

10 Cara Memilih Makanan Sehat

Siapa sih yang tak mau hidup sehat? Semua orang pasti ingin menjalani kehidupan sehat jasmani dan rohani. Menuju hidup sehat dapat ditempuh dengan banyak cara. Salah satunya lewat pola makan kita. Menurut para ahli, kunci jadi sehat adalah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Singkatnya, kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori tapi kaya nutrisi. Berikut 10 tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan makanan sehat, tapi juga masih terasa enak di lidah.

1. Konsumsi Makanan Yang Kaya Nutrisi.Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Dan satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya,buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh Anda.

2. Konsumsi Padi-Padian Penuh, Buah dan Sayuran. Survey menunjukkan kalau kebanyakan orang tak cukup mengkonsumsi jenis makanan ini. Apakah Anda sudah menyantap 6-1 porsi nasi atau sereal, apakah 3 porsi dari jenis yang Anda makan ini termasuk padi-padian penuh? Apa Anda sudah menyantap makanan yang terdiri dari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran? Jika Anda termasuk yang tak menikmati jenis makanan ini sebelumnya, maka mulai saat ini beri kesempatan pada diri Anda untuk mencicipinya.

3. Atur Berat Badan Seimbang. Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat berat badan membuat tekanan darah Anda meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tapi memiliki tubuh terlalu kurus juga bisa menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi dan masalah kesehatan lainnya. Jadi berat badan seimbang sangat mempengaruhi kesehatan.

4. Makan Dalam Ukuran Yang Layak. Jika Anda mempertahankan ukuran porsi Anda yang masuk akal, lebih mudah untuk menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat. Apa Anda tahu rekomondasi makanan masak yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan 4 porsi es krim.

5. Makan Secara Teratur. Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat Anda merasa lapar, itu juga berarti Anda melupakan soal nutrisi dalam makanan Anda. Menyantap camilan di antara jam makan satu-satunya cara yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar, tapi jangan makan camilan berlebihan.

6.Kurangi, Bukan Membatasi Porsi Makan. Kebanyakan orang menyantap makanan untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, kunci untuk menjadikannya layak. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu. Bagi orang dewasa yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau produk susu penuh dalam setiap makanan mereka, sebenarnya sudah menyantap terlalu banyak lemak. Manfaatkan daftar nutrisi dalam label makanan untuk membantu Anda menyeimbangkan pilihan makanan.

7. Seimbangkan Pilihan Makanan Anda Setiap Saat. Tak semua makanan harus sempurna. Saat Anda menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang bahan-bahannya paling rendah. Jika Anda melewatkan kelompok makanan ini dalam sehari, perbaiki di hari berikutnya.

8. Mengetahui Kesulitan Program Diet Anda. Perbaiki kebiasaan makan Anda, pertama kenali apa yang salah dengan pola makan Anda. Tuliskan apapun yang Anda makan dalam tiga hari, lalu periksa daftar tersebut dan cocokkan dengan tips ini. Apa Anda terlalu banyak menyantap mentega, saus, krim atau salad? Dari pada menghilangkannya sama sekali, lebih baik kurangi porsi Anda. Apa Anda merasa tak puas dengan menyantap buah dan sayuran? Jika tidak, Anda mungkin melewatkan nutrisi vital dalam makanan.

9. Buat Perubahan Secara Bertahap.Tak pernah ada ‘makanan super’ atau diet sehat yang mudah, jangan mengharapkan bisa langsung menghapus kebiasaan makan Anda dalam semalam. Mulai lah melakukan perubahan setahap demi setahap hingga mencapai hasil positif, dan jadi kebiasaan pola makan sehat sepanjang hidup. Untuk lebih mudahnya, jika Anda tak menyukai susu tanpa lemak, coba susu redah lemak. Pada akhirnya mungkin Anda juga akan menyukai susu tanpa lemak.

10. Ingat, Makanan Bukan Sebuah Kebiasaan Buruk. Pilih makanan yang didasarkan pada pola makan total Anda, bukan berdasarkan ‘baik’ atau ‘buruk.’ Jangan merasa bersalah jika Anda menyukai makanan seperti pie, kripik kentang, cokelat atau es krim. Makan secara layak, dan pilih makanan lain yang dapat menyeimbangkan gizi Anda dan beragam yang lain, yang baik untuk kesehatan Anda. (primusweb/erl) Sumber dari http://www.kapanlagi.com/a/old/10-cara-memilih-makanan-sehat.html

 


Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s