Bocah New York yang Memimpikan Kostum Merah Putih

James Zaidan Saragih.

James Zaidan Saragih.

Setelah menambahkan Syamsir Alam ke dalam daftar pemain yang ikut seleksi Timnas U-23, PSSI kembali menambahkan nama baru, yakni James Zaidan Saragih.

Oleh: Boy Leonard Pasaribu

INILAH.COM, Jakarta – Setelah menambahkan Syamsir Alam ke dalam daftar pemain yang ikut seleksi Timnas U-23, PSSI kembali menambahkan nama baru, yakni James Zaidan Saragih.

Siapakah James? Dia adalah pemuda Kelahiran New York, Amerika Serikat 19 tahun lalu yang saat ini memperkuat New York Cosmos. Seperti dilansir Goal.com, James telah tiba di Bandara Soekarno-Hattatadi Selasa malam (4/1).

James akan berlatih bersama Timnas U-23 bersama dengan 84 nama awal yang ditetapkan PSSI, plus Syamsir, namun dengan fokus yang berbeda. Jika Syamsir dkk bersaing merebut tempat untuk timnas praolimpiade dan SEA Games, James dan lima pemain lain akan diuji kelayakannya untuk masuk program naturalisasi PSSI.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini mengawali karirnya lewat Akademi Sepak Bola New York Greek American Atlas, klub amatir yang berlaga dalam kompetisi antarklub di New York City, sejak usia delapan tahun dan menjadi kapten selama 10 tahun.

James juga mengikuti Program Pengembangan Olimpiade (ODP), sebuah program yang disiapkan untuk mencari atlet calon peserta Olimpiade, selama dua tahun. Hasilnya, ia membantu timnya juar Region 1. Selama masa remajanya, James berhasil tampil dalam berbagai turnamen domestik dan internasional untuk remaja.

Meski lahir dan besar di Amerika Serikat, James merasakan dorongan yang kuat untuk mengenakan kostum Tim Nasional Indonesia. Karena itu, ia mengaku rela menanggalkan status kewarganegaraan AS yang banyak diburu orang demi sebuah paspor Indonesia.

“Saya lahir di New York dan otomatis menjadi warga negara Amerika Serikat. Tapi saya ingin memegang paspor Indonesia supaya bisa masuk tim nasional. Saya rela pindah ke Indonesia dan meninggalkan New York,” kata James kepada Goal.com.

Maret lalu, anak dari Nazaruddin Saragih dan Artita ini pernah mengikuti seleksi Persebaya U-21, namun gagal karena peraturan PSSI yang melarang tim U-21 diperkuat pemain asing.

Kabarnya, James menjadi salah satu skuad New York Cosmos, klub baru yang sedang dibentuk dan disiapkan untuk memasuki Major League Soccer. Diharapkan, Cosmos bisa bangkit dan menjadi sebesar saat masih diperkuat megabintang sepak bola dunia Pele.

Saat ini, Cosmos sudah memiliki akademi pemain muda dengan beberapa kelompok umur dan berencana membangun stadion untuk memenuhi syarat masuk ke liga profesional paling bergengsi di AS itu.

Profil Pemain:

Nama : James Zaidan Saragih

Tempat/Tanggal Lahir: New York, AS, 23 Mar 1991 (Usia 19)

Warganegara: AS

Tinggi/Berat: 180 cm/81 Kg.

Orangtua : Nazaruddin Saragih (Ayah)/ Artita (Ibu)

Posisi : Gelandang

Nomor Punggung : 10

Klub : New York Cosmos

Karir Sepak Bola :

– Academy New York Greek American Atlas

– ODP (Olympic Development Program), New york

Pengalaman Turnamen:

– The Score Tournaments,

– Dallas Cup,

– Las Vegas Mayor’s Cup,

– Zadar International Tournament di Kroasia 2005,

– Thessaloniki’s International Tournament di Yunani 2006.

Sumber dari http://www.inilah.com/read/detail/1122742/bocah-new-york-yang-memimpikan-kostum-merah-putih

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s