Apakah benar Facebook akan jadi ditutup pada Maret 2011 ?

Isyu ataupun bukan yang jelas sangat ramai dibicarakan dimana-mana, termasuk juga di Indonesia. Kabar Berita apapun dalam era sekarang sangat mungkin untuk tersebar cepat karena memang demikian adanya “dunia internet”. Akibatnya sangat signifikan , mampu mendongkrak kepopulerannya di Google Warta. Mau tahu beritanya ? simak saja beberapa sumber dibawah ini.

1. Liputan6.com,

“Beredar isyu Facebook akan ditutup” California: Isu mengenai rencana penutupan situs jejaring sosial Facebook marak diperbincangkan di dunia maya. Kabarnya situs mendunia itu akan ditutup oleh Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus pemilik situs itu. Demikian disebutkan mengutip pernyataan Mark Zuckerberg di Palo Alto, California, Amerika Serikat, Sabtu (8/1). Dalam konferensi pers, menurut situs itu, Zuckerberg mengaku stres mengelola Facebook yang telah di luar kendali sehingga mengganggu hidupnya. Atas dasar itulah, ia akan menutup situs yang memiliki ratusan juta anggota itu pada 15 Maret 2011. Meski demikian, Zuckerberg menilai keputusannya menutup Facebook sangatlah berat.Namun, situs The Huffington Post tidak percaya rumor tersebut. Salah satu situs berita terbesar di Amerika Serikat itu menyebut isu itu adalah lelucon belaka. Hanya saja, pihaknya mengakui kabar burung itu menyebar begitu cepat lewat situs jejaring sosial Twitter hingga Google Trends tanpa mengetahui asal muasal sumbernya.(ADI/ANS) http://tekno.liputan6.com/berita/201101/315103/Beredar.Isu.Facebook.Akan.Ditutup

2. TRIBUNNEWS.COM

“Facebook ditutup langsung populer di google warta “ Berita mengenai rencana penutupan situs jejaring sosial Facebook langsung menjadi berita terpopuler di Google Warta.

Pendiri Facebook, Mark Zukerberg, dilaporkan akan segera menutup Facebook per 15 Maret 2011.

Anda diminta untuk segera menyelematkan foto-foto Anda di Facebook, demikian salah satu himbauan dari Avrat Humarthi, Vice President of Technical Affairs Facebook, seperti dilansir weeklyworldnews.com.

Belum ada situs berita lain, terutama dari situs berita mainstream Amerika Serikat, yang melansir berita ini.

Sumber dari http://www.tribunnews.com/2011/01/09/facebook-ditutup-langsung-populer-di-google-warta

3. Solo Pos

“Benarkah Facebook akan ditutup?
Palo Alto – Kabar mengejutkan datang dari Facebook. Jejaring sosial terbesar di muka bumi ini diberitakan bakal segera ditutup dalam waktu dua bulan lagi oleh sang pemiliknya, Mark Zuckerberg.

Seperti dikutip dari weeklyworldnews.com, Minggu (9/1), riwayat Facebook yang memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia ini akan segera berakhir pada 15 Maret 2011 mendatang.

“Facebook sudah benar-benar kebablasan, saya harus mengakhiri semua kegilaan ini. Segala tekanan saat mengelola perusahaan ini telah menghancurkan hidupku,” demikian pernyataan Zuckerberg seperti diklaim weeklyworldnews.com.

Hingga saat ini, cuma situs weeklyworldnews.com yang menulis berita tentang bakal ditutupnya Facebook. Tidak ada media resmi yang memberitakan, sebab situs weeklyworldnews.com ini hanya situs parodi belaka. Isinya jauh dari kebenaran.

Sementara, situs guggling.com mencoba memberi keterangan lain.

Dikatakan bahwa isu yang beredar mengenai penutupan Facebook pada 31 Mei 2011 jam 13.23 yang sempat beredar luas di kalangan pengguna BB sempat meresahkan pengguna Facebook. Berita yang belum diketahui kebenarannya itu beredar via BBM (BlackBerry Messenger), aplikasi chat bawaan BlackBerry.

“Kabar ini bukan sekedar informasi! Jika kamu mempunyai foto yang pribadi, silahkan simpan. Tidak ada lagi Facebook, ini nyata!”, demikian bunyi pesan singkat itu. Diluar benar tidaknya isu penutupan tersebut, ada berita mengejutkan yang bisa jadi menjawab isu yang beredar saat ini.

Mark mengaku salah

Mark Zuckerberg selaku pendiri Facebook mengaku tidak terlalu ambil pusing dengan tuntutan agar Facebook lebih memperhatikan sistem keamanan pemilik akun. Namun, sikap lelaki 26 tahun itu saat ini berubah. Mark mengumumkan akan memperbaiki kontrol privasi situs jejearing sosial tersebut.

Dalam surat terbuka kepada harian The Washington Post, Zuckerberg mengakui melakukan kesilapan untuk masalah privasi. Dia menambahkan, kontrol privasi Facebook nanti sederhana dan mencakup cara menghindari masuknya pihak yang tidak diinginkan dalam akun pengguna.

Mengapa perlu kontrol keamanan?

Facebook yang kini memiliki lebih dari 400juta anggota, mendapat kritikan pedas dari ahli-ahli kemanan. Bagaimana tidak, seseorang dengan mudah bisa mengakses detail seperti tempat tinggal, nomor telepon hingga daftar teman. Apakah pengakuan Marck yang akan memperbaiki bahaya di sistem kemananan Facebook menjawab isu penutupan Facebook? Benarkah Facebook akan ditutup?

Apa hubungannya?

Banyak pembaca setia Gugling.com yang menanyakan hubungan antara isu penutupan Facebook pada 31 Mei 2011 nanti dengan pengakuan Mark yang akan memperbaiki sistem keamanan. Secara tidak langsung pengakuan Mark bisa jadi menjawab isu yang belum diketahui kebenarannya tersebut. Logikanya, jika Facebook hendak ditutup besok, mengapa Mark repot-repot mengaku salah dan hendak memperbaiki keamanan daripada situs jejaring sosial yang populer ini?

Simpang siur

Berita di internet yang beredar saat ini, bisa jadi hanya isu yang tidak benar. Apalagi ada informasi bahwa bisa jadi tanggal 31 Mei 2011 besok bukanlah hari dimana Facebook berakhir, namun hanyalah merupakan 1 hari peringatan baru sedunia yang disebut: “Hari Tanpa Facebook Sedunia” yang akan diperingati tiap tahunnya, dimulai dari besok.

Sumber dari dtc/guggling.com dan http://www.solopos.com/2011/lifestyle/pojok-tekonologi/benarkah-facebook-bakal-ditutup-81747

4.  TRIBUNKALTIM.co.id

“Zukeckenberg : facebook akan ditutup”

Kabar mengejutkan datang dari Mark Zuckerberg. Pendiri situs jejaring sosial terbesar di dunia ini mengumumkan akan menutup Facebook bulan Maret 2011 ini.
Mengelola Facebook membuat stress, begitu salah satu alasan Zuckerberg, salah satu anak muda terkaya di dunia, untuk menutup Facebook. “Facebook berjalan di luar kendali,” kata Zuckerberg dalam jumpa pers di kantornya, Palo Alto, Amerika Serikat.

“Stres mengelola perusahaan ini telah membuat hidupku menderita,” kata anak muda yang tidak peduli dengan uang ini. “Saya harus mengakhiri semua kesulitan ini,” katanya seperti dikutip Weeklywrdnews.com

Zuckerberg menjelaskan, mulai 15 Maret 2011, pengguna Facebook tidak bisa lagi mengakses akun Facebook-nya.

“Setelah 15 Maret, seluruh website (Facebook) akan ditutup,” tambah Avrat Humarthi, Vice President of Technical Affairs Facebook.

Sumber: tribunnews.com dan

6.  Hot Topic USA
Dalam Hot Topic di USA melalui Google Trends saat ini (Senin,10 Januari 20100, 8:25 AM) menduduki ranking ke 6, yang bakal berubah setiap saat. Tetapi pemberitaan tentang Facebook akan ditutup benar-benar mencuat secara  signifikan mendongkrak ke level 6 Hot topic Google Trends.
7. Twitter
Yang paling giat memposting tentang Facebook akan ditutup adalah Twitter, lihat saja hampir setiap detik postingan baru tentang hal yang sama akan muncul. Sehingga membuat daftar yang panjang . Isinya macam-macam begitupun pro dan kontranya, benar-benar ramai dan hangat dibicarakan.
Coba deh lihat sendiri ke sumbernya langsung dengan judul “Is Facebook shutting down”
7. Bagaimana di Google Warta ?
Ternyata malah menduduki level 1, benar-benar banyak yang mencari artikel Facebook akan ditutup. Hal ini dikarenakan mesin pencari seperti Google akan terus mencatat permintaan apapun yang masuk setiap detiknya.  Sebuah media yang cukup handal untuk melakukan poling misalnya dan kenyataannya memang banyak yang menggunakan kecanggihan mesin pencari.
Begitulah sobat setiap kejadian yang menghebohkan selalu menjadi topic hangat dan mengundang para pencari berita yang kemudian terekam Google trends, selanjutnya bisa ditebak makin banyak yang mencari dan memposting hal-hal yang sama atau mirip akan menempatkan posisinya dilevel teratas atau minimal 10 besar. Isyu tentang Facebook yang akan ditutup demikian deras aliran informasinya keseluruh jaringan internet di seluruh dunia, sudah pasti banyak yang mempertanyakan akan hal itu. Pro kontrapun terjadi seperti sebuah perdebatan dengan beragam argumentasi dan pendapat masing-masing. Jadi jangan heran jika pembicaraan menurun dan pencarian menurun makan menurun pula level di Google Trends.
Mengenai halnya isyu Facebook yang akan ditutup pada 15 Maret 2011 mendatang, hal inipun masih menjadi tanda tanya besar, bahkan sebagian berharap cemas dalam masa penantian batas waktunya. Termasuk juga kita yang selama ini menggunakan fasilitas Facebook, hanya tinggal menunggu perkembangan selanjutnya dan tidak ada salahnya kita ikuti saran untuk mengambil dan memindahkan foto-foto pribadi yang masih tersimpan pada akun facebook kita. Tapi semua itu terserah anda sendiri, toh semuanya keputusan ada ditangan anda. Salam.
Penyunting : Halimi,SE,MM.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Berita, Hotnews dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s