Mengapa Gayus Bisa Dibilang Luar Biasa?

Headline

Foto: Istimewa

Oleh: Renny Sundayani
Nasional – Sabtu, 8 Januari 2011 | 17:06 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Tidak mungkin terdakwa Gayus Tambunan bisa seenaknya keluar dari rumah tahanan kalau Gayus tidak memiliki ‘pegangan’.

Menurut Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Zainal Arifin Mochtar, Gayus memiliki dua hal penting sehingga yang bersangkutan bisa jalan-jalan ke luar negeri.

“Ada dua hal Gayus dianggap luar biasa. Pertama, Gayus punya informasi, dia punya pengaruh. Dia punya uang kenapa dia bisa keluar kemana-mana,” ujarnya usai diskusi di Warung Daun, Cikini, Sabtu (8/1/2010).

Sebagaimana diberitakan, Gayus bisa mengetahui tuntutan jaksa, padahal jaksa belum membacakan tuntutannya di persidangan.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Perpajakan ini rela menggelontorkan uang miliaran rupiah agar bisa mendapatkan rencana tuntutan (rentut) ketika dirinya terjerat kasus pencucian uang di Pengadilan Negeri Tangerang.

Gayus diduga menyuap hakim, yang menangani perkara tersebut, Muhtadi Asnun, agar divonis bebas. Kini, Asnun menjadi terdakwa atas dugaan menerima suap dari Gayus.

Gayus juga menyuap miliaran rupiah ke beberapa oknum polisi yang menjaga rumah tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Ia bebas keluar rutan dan bisa jalan-jalan ke luar negeri.

Pantas bisa menyuap sana-sini, harta Gayus sekitar Rp74 milliar. Jumlah harta tersebut boleh dikatakan banyak sekali bagi pegawai negeri golongan IIIA, yang gajinya sekitar Rp12 juta.

Harta sekitar Rp74 miliar ini diketahui setelah Polri menyita safe deposit box di salah satu bank. Harta itu terdiri dari uang dalam mata uang asing dan rupiah serta emas sebanyak 31 batang masing-masing 100 gram.

Asal muasal harta Gayus belum bisa diketahui secara pasti dari mana. Banyak yang menilai ada orang di belakang Gayus. Hal ini yang menimbulkan isu bahwa Gayus memegang informasi penting sehingga dia berani ‘menerobos’ hukum. [bar]

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s