Manik-Manik Khas Dayak

example2 Foto:web

BANJARMASINPOST.CO.ID – Kerajinan manik-manik yang satu ini sangat khas Kalimantan, khususnya etnis Dayak. Produk kerajinan tangan tersebut berwarna- warni dengan motif anyaman yang eksotis.

Kerajinan manik-manik khas suku Dayak tersebut biasanya dibuat menjadi pakaian, menghias topi/seraong maupun bening aban. Kini banyak hasil kerajinan manik-manik yang diolah menjadi tas, kalung, gelang, gantungan kunci dan aneka macam hiasan lainnya.

Produk kerajinan tangan ini bisa Anda cari di Pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Kabupaten Banjar. Harganya pun murah, mulai Rp 10 ribu hingga Rp 65 ribu, tergantung model dan besar kecilnya barang tersebut.

Manik-manik plastik tersebut dirangkai menjadi berbagai macam produk, di antaranya sarung pensil/pulpen, dompet dan sebagainya.

“Dompet dilapisi dengan anyaman manik-manik yang dianyam menggunakan bahan nilon yang kuat, dengan motif khas Dayak.Tersedia dengan berbagai variasi warna dan motif,” ujar Asrori, pengelola Toko Budaya di CBS.

Biasanya, penyuka produk bermanik-manik ini adalah kaum hawa. Bahan yang halus dan kuat membuat produk ini lebih tahan lama.

Agar produk berbahan manik-manaik  tahan lama, beberapa tips berikut bisa bermanfaat bagi Anda. Pertama, usahakan tiap aksesoris perhiasan manik memiliki tempat tersendiri. Jika tidak memiliki kotak yang berpetak-petak, bisa menggunakan plastik kedap udara.

Kedua, gunakan silica gel untuk mencegah pemudaran warna perhiasan manik manik.  Ketiga, hindari sedapat mungkin kontak langsung desain manik manik dengan air, eringat yang berlebihan, handbody, parfum atau bahan kimia lainnya.

Keempat, hindari penyimpanan yang mengenai sinar matahari langsung dan suhu ruang lembap.  Simpan manik manik dalam keadaan kering.

http://www.banjarmasinpost.co.id/read/artikel/2010/12/20/67835/manik-manik-khas-dayak

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s