Bahan pangan akan bebas bea masuk

JAKARTA: Pemerintah akan membebaskan pajak pertambahan nilai dan bea masuk atas impor sejumlah bahan pangan sejalan dengan upaya menjaga ketahanan pangan nasional  dan stabilitas harga di dalam negeri .

Hatta Rajasa,  Menteri Koordiantor bidang Perekonomian

Hatta Rajasa, Menteri Koordiantor bidang Perekonomian

Hatta Rajasa,  Menteri Koordiantor bidang Perekonomian, menuturkan ada tren kenaikan signifikan harga pangan dunia sejak kuartal IV/2010 yang berpengaruh terhadap pergerakan harga di Tanah Air. Untuk itu, pemerintah perlu membuat langkah-langkah menstabilkan harga bahan pangan agar terjangkau oleh masyarakat dengan memberikan perlindungan sosial dan melakukan interfensi dengan instrument fiskal.

“Ya kalau pendekatan fiskal, misalkan PPN dan bea masuk  itu akan kami bebaskan supaya tidak menekan harga lebih tinggi,” ujar Hatta, Jumat.

Pemerintah, katanya, saat ini masih menunggu usulan-usulan mengenai tambahan komoditas yang diusulkan untuk dibebaskan bea impornya. Rencananya, pada Senin, pekan depan, semua usulan komoditas harus sudah masuk dan sehari setelahnya (Rabu) diharapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang pembebasan bea impor itu sudah keluar.

“Kita akan lakukan kebijakan fiskal di perdagangan. Kita akan bebaskan bea masuk impor tepung terigu, kedelai dan pakan ternak. Semua kita lakukan semua untuk stabilisasi pangan pokok kita. Gula belum termasuk (dibebaskan bea impornya). Di rapat tadi belum didiskusikan karena kita ingin petani gula kita maju produksinya,” katanya.

Kendati demikian, Hatta mengatakan ke depannya dimungkinkan pula bea impor gula masuk dalam usulan pembebasan. “Intinya adalah semua pangan pokok yang memberikan dampak ke harga. Nanti akan saya cek lagi ke Mendag,” ucap dia.

Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo

Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo

Sementara itu, Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo mengatakan pihaknya masih akan mempelajari semua usulan pembebasan bea masuk dari K/L sebelum menerbitkan PMK, termasuk untuk gula. Namun, yang pasti untuk beras sudah bisa dipastikan bebas bea masuk.

“Kalau ada komponen pangan yang ingin dijaga stabilisasinya.  Kami di Kemenkeu sudah mengatakan kita akan dukung, tapi kalau K/L  harus ajukan permohonan,” katanya.

Hatta Rajasa mengatakan pembebasan bea masuk merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan dan sekaligus stabilitas harga di dalam negeri. Pada sisi hilir, untuk menstabilkan harga pangan, pemerintah memastikan stok pangan nasional harus cukup.

“Beras di Bulog harus 1,5 juta ton. Kedua, operasi pasar akan dilakukan intensif di pasar-pasar seluruh Tanah Air dengan volume besar. Jika selama ini 2.000 ton per hari, akan dimaiukan menjadi dua kali lipat hingga 100.000 ton lebih. Ini dilakukan di daerah-daerah yang kenaikannya cukup tinggi. Operasi pasar ini diikuti pula dengan suatu kegiatan untuk operasi pasar pada minyak goreng dan juga beberapa komoditas yang dirasakan meningkat,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Hatta, pemerintah akan memastikan bahwa penyaluran Raskin akan dilakukan tepat waktu, terutama di tiga bulan pertama ini. Kemudian, pemerintah juga akan mengeluarkan dua Instruksi Presiden terkait fleksibilitas kebijakan bagi Kementerian Pertanian dan Bulog untuk mengantisipasi perubahan iklim.

http://www.bisnis.com/index.php/ekonomi/perdagangan/5544-bahan-pangan-akan-bebas-bea-masuk

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s