Mencari Peluang Pasar Lukisan Kaca Tradisional Cirebon di Pasar International.

Sebagai produsen kerajinan Lukisan Kaca Tradisional Cirebon, mencari peluang pasar di luar negeri adalah sebuah hal yang sangat diharapkan. Bisa dibayangkan betapa senangnya jika mampu menembus pasar luar negeri, sehingga dapat diharapkan adanya peningkatan pemasaran.

Produk Lukisan Kaca Tradisional Cirebon merupakan salah satu produk khas daerah yang berpotensi dikembangkan, selama produk tersebut mampu menjawab keinginan pasar. Tidak hanya produk hiasan dinding semata, namun produk lukisan kaca bisa pula digunakan untuk produk fungsional kebutuhan interior dan eksterior,

Jika dibandingkan dengan produk lukisan kaca tempo dulu, maka produk lukisan kaca jaman kini sudah berkembang demikian pesat. Baik jenisnya maupun kualitasnya, boleh dibilang Lukisan Kaca dapat mengikuti perkembangan jaman. Walaupun pada kenyataannya Lukisan Kaca terpaku pada “pakem” teknik dan filosofisnya.

Kendala utama yang dihadapi para pengrajin Lukisan Kaca adalah pada “Pemasaran”, terutama pemasaran ke luar negeri yang dianggap masih belum berhasil sampai saat ini. Untuk pemasaran lokal pun harus terus diupayakan promosi dan penawaran langsung. Disamping itu upaya promosi melalui event pameran dan pemasaran melalui website, cukup mendukung peningkatan perluasan informasi produk.

Lukisan Kaca Tradisonal Khas Cirebon akan lebih bergairah lagi jika Pihak Pemerintah Daerah mampu menghimbau seluruh Instansi dibawahnya agar membeli produk Lukisan Kaca sebagai hiasan dinding pada ruang kantornya. Saalah satu contohnya untuk mengisi Ruang Tamu Kantor.

Pemasaran ke luar negeri perlu jaringan bisnis melalui bantuan Kedutaan Besar Indonesia yang berada di luar negeri. Bentuknya bisa melalui jasa outlet di ruang lobby Kantor Kedutaan Besar atau tempat perwakilan dagang yang ada di negara-negara tetangga. Akan sangat baik sekali jika bisa bekerjasama dengan pihak negara luar dalam pembentukan ruang pemasaran bersama untuk produk-produk cinderamata antar negara.

Bisa dimaklumi konsumen luar negeri belum mengetahui secara keseluruhan tentang produk Lukisan Kaca Cirebon, mengingat keterbatasan informasi yang diperoleh maupun kesibukan tugas-tugas harian di masing-masing Kedutaan Besar kita.
Namun walaupun demikian, promosi dan pemasaran produk kerajinan khas negara-negara berkembang perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Pola lain yang sangat membantu adalah dengan memanfaatkan layanan internet, karena segala bentuk promosi produk banyak bertebaran di dunia maya. Sekecil apapun peluang pemasaran yang ada harus mampu dimaksimalkan manfaatnya bagi perkembangan dan perluasan pemasaran produk Lukisan Kaca Cirebon.

Yang terpenting adalah kesungguhan semua pihak dalam membantu pemasaran produk Industri Kecil Kerajinan termasuk Lukisan Kaca Cirebon. Pemberian kesempatan untuk promosi diluar negeri seyogyanya harus terus dipacu dan diupayakan tanpa mengenal lelah dan berkelanjutan. Kita yakini jika semua merasa berpihak kepada IKM / UKM semua kendala pemasaran produk bukan hal yang terlalu sulit untuk dijangkau. Semoga jalan masih terbentang lebar, semua ikut membantu dan memberikan jalan keluar bagi pemasaran produk Lukisan Kaca Cirebon serta Produk lainnya dibidang Produk Cinderamata.

Penulis : Halimi,SE,MM.

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Artikelku, Tulisanku dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s