Puluhan Ribu KK di Kab. Cirebon Berstatus Pengangguran

Illustrasi Pengangguran-Gambar Google

Illustrasi Pengangguran-Gambar Google

SUMBER, (PRLM).- Kepala rumah tangga baik yang masih memiliki istri, duda atau janda di wilayah Kabupaten Cirebon banyak yang berstatus sebagai penganggur akibat kesulitan ekonomi belakangan ini.

“Banyak hal yang menjadi penyebab para kepala rumah tangga di Kabupaten Cirebon itu berstatus pengangguran,” kata Ketua Yayasan Buruh dan Lingkungan Hidup, Yoyon Suharyono.

Illustrasi Pengangguran 2-Gambar Google

Illustrasi Pengangguran 2-Gambar Google

Menurut dia, kesulitan ekonomi karena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat perusahaan bangkrut atau melakukan perampingan, karena masa kontrak habis, minimnya peluang kerja dan jumlah angkatan kerja yang cukup banyak, serta kelesuan ekonomi lainnya menjadi penyebab jumlah KK yang menganggur tinggi.

Terkait tenaga kerja, Yoyon menegaskan Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan itu sudah seharusnya direvisi, karena sangat merugikan para buruh. “Outsourching harus dihapus, karena tidak ada rasa kemanusiaan. Demikian juga tenaga kontrak, karena tidak ada kepastian hukumnya,” kata Yoyon yang juga seorang duta lingkungan Jawa Barat.

Illustrasi Pengangguran 3-Gambar Google

Illustrasi Pengangguran 3-Gambar Google

Sementara itu, data dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP dan KB) Kab. Cirebon menyebutkan, dari 598.315 KK terdapat 95.328 KK. Atau 15,93% di antaranya tidak memiliki pekerjaan alias menganggur.

Kepala BPP dan KB Kab. Cirebon, H.M. Sofyan melalui Kepala Seksi Advokasi Komunikasi dan Edukasi (Aksi), Husein Fauzan mengakui tingginya jumlah KK yang berstatus tidak memiliki pekerjaan tersebut.

Husein menambahkan, dari keseluruhan jumlah KK, terdapat sebanyak 85.719 KK yang berjenis kelamin perempuan. Prosentase KK perempuan dibandingkan total KK sebesar 14,33 %. “Ini artinya, dari seratus KK yang ada terdapat empat belas KK berjenis kelamin perempuan,” kata Husein. (A-146/das)***

Sumber dari http://www.pikiran-rakyat.com/node/131263

Pos ini dipublikasikan di Berita, Hotnews dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s