Bingung Memilih Nama untuk Perusahaan Anda ?

Siapapun mungkin akan merasakan sebuah kesulitan ketika menentukan sebuah “Nama Perusahaan” yang cocok dan dianggap baik. Apalagi jika anda baru pertama kalinya ingin memberikaqn sebuah nama, bisa berminggu-minggu memikirkannya atau yang gampang “nyontek” Nama Perusahaan yang lain dan mengutak-atiknya agar nampak pas dan berbeda.

Nampaknya tidak terlalu sulit kalau kita sedikit usaha untuk membuat sebuah perencanaan yang matang, misalnya mencari-cari nama perusahaan di internet atau membuat rangkaian kata secara khusus. Jika kita mencoba merangkai kata secara khusus, sebaiknya dipertimbangkan aspek-aspek seperti dibawah ini :

  1. Aspek Pertimbangan Pribadi : aspek ini biasanya lebih ditekankan kepada pertimbangan secara pribadi , seperti penggunaan nama leluhur yang disambungkan dengan kata yang mengartikan kemajuan , kejayaan, keabadian. Contohnya : Panca Jaya Abadi (karena nama leluhurnya Panca),  Krishna Jaya Makmur (karena nama leluhurnya Krishna) dan sebagainya. Atau pertimbangan lainnya dengan menggunakan dan menggabungkan  kata seperti Jaya, Abadi, Sentosa, Maju, Makmur. Contoh : Jaya Makmur, Jaya Abadi,  Jaya Sentosa, Maju Jaya, Makmur Sentosa dan sebagainya.
  2. Aspek Lokasi Perusahaan : Lokasi atau Jalan dimana Perusahaan tersebut berada, bisa dijadikan sebuah Nama Perusahaan yang cukup keren. Contohnya : C15 (Caladi 15- Nama dan Nomor Jalan), Durian 19 Arts (Durian 19 – Nama dan Nomor Jalan), Cirebon Cantik (Cirebon – nama kota), Bandung Indah Plaza (Bandung – nama kota) dan banyak lagi contoh lainnya.
  3. Aspek Spesifikasi Produk : Cirebon Glass Painting (Glass Painting- spesifik produk kerajinan lukisan kaca), Indo Glass Arts ( Glass Arts- sepesifik produk kerajinan kaca), Kripik Mangga Gedong “Asemmanis” (Mangga Gedong-spesifik produk buah-buahan), Batik Halus “Cirebonan” (Batik Halus – spesifik produk batik) dan banyak lagi contoh lainnya.
  4. Aspek Ketertarikan Spesifikasi Pasar : Batik Tulis “Tradisional” (Tradisonal-spesifikasi pasar barang tradisonal), KerajinanTopeng “Antik” (Antik-spesifikasi pasar barang antik), Kerajinan Wayang Kulit “Purwo” (Purwo-spesifikasi pasar wayang tempo doeloe) dan sebagainya. Jika menginginkan yang sedikit berbau kebarat-baratan bisa memakai nama Celana Jeans “Cowboy”, Kaos Oblong “Funkys”, Blue Jeans “Maniac” dan macam-macam lagi contohnya.
  5. Aspek ketertarikan Spesifikasi Asal Negara : Banyak yang menggunakan nama asal negara kita yang disingkat “Indo”, seperti contohnya : Indomobil, Indo Mart, Indomie, Indosiar, Indosat dan lain sebagainya.
  6. Aspek ketertarikan pada sebuah nama yang sering digunakan : semakin banyak yang menggunakan nama tersebut maka semakin banyak yang tertarik untuk menggunakannya pada nama perusahaan, seperti contoh-contoh dibawah ini :
  • Pratama  : seperti Medika Pratama, Buditresna Pratama, Kahuripan Partama, Mega Pratama, dan lain sebagainya.
  • Putra : biasanya menyebutkan anak seseorang yang dianggap ternama seperti Rakaryan Putra, Baduy Putra Pratama, Jayalaksana Putra, Halimi Pratama Putra, dan seabreg nama lainnya.
  • Citra : misalnya Putra Citra Lestari, Citra Ayu, Citra Manik Astagina, Mulya Citra Abadi dan lain sebagainya.
  • Pradana & Perdana : Pradana Swalayan, Pradana Jaya Sakti, Halimi Surya Pradana, Halimi Perdana Kusumah, Durian 19 Cipta Perdana, dan lain-lainnya.
  • Karya : contohnya Percetakan Karya Perdana, Toko Buku Bina Karya, LPK Bina Karya Abadi, LSM Karya Pemuda, dan sejumlah nama-nama lainnya.
  • Persada : seperti yang digunakan pada nama perusahaan PT. Bumi Persada, PT. Jaya Persada, CV. Kriya Persada , CV. Mahardhika Persada, dan sebagainya.
  • Adhi : contohnya seperti Adhi Karya , Adhi Jaya, Adhi Mitra Jaya, dan lain-lain yang sangat banyak jumlahnya.

Manakala Perdagangan Bebas dijaman Globalisasi seperti sekarang ini, banyak juga Nama Perusahaan yang benar-benar menganut kepemikiran dan pemahaman “Barat”. Mungkin maksudnya agar Perusahaan bisa dikenal di Mancanegara dengan embel-embel seutuhnya berbau “Barat”. Pencitraan seperti ini sah-sah saja selama sesuai dengan “arti” dari kata demi kata yang menjadikannya sebuah Nama Perusahaan “Go International”.

Banyak diantaranya yang cukup berhasil dan berpengaruh dimata dunia, bahkan menjadikan produknya subur konsumen dinegeri luar. Yang terpenting tata aturan dan pertimbangan yang tepat sebagai dasar pemilihan sebuah Nama Perusahaan, seperti uraian dibawah ini :

  1. Nama yang lebih mudah diucapkan atau diingat : Contohnya “Fred Chiken”, “Yahoo”, “Google”, “Gmail”, “Nokia” dan banyak lagi.
  2. Nama yang lebih pendek : Contohnya adalah Perusahaan Celana Jeans “Top”, Perusahaan Meubel “Best”, Perusahaan Sepatu “Nike”, Perusahaan Blouse “Hot”, dan lain sebagainya.
  3. Nama yang sesuai Filosofi Perusahaan : contohnya adalah “Bummer”, “Speedrace”, “Bang Bang” dan sebagainya.
  4. Nama yang sesuai Bidang Bisnis : contohnya “Vivanews”, “Detiknews”, “BBCnews”, ” Lightlamp”, “Giantnet”, “Infobiz”, dan lain-lainnya.
  5. Nama yang lebih kreatif : contohnya adalah “Walking House”, “White House”, “Pink Floyd”, “Zeppelin”, dan sebagainya.
  6. Nama yang sesuai dengan target pasar : contohnya “Allright Solution”, “Big Solution”, “Helth Solution”, dan sebagainya.

Nah sampai disini dahulu mengupas pencarian Nama Perusahaan, akhirnya kembali kepada keputusan anda sendiri yang terbaik menurut anda. Mudah-mudahan bermanfaat  bagi anda yang ingin mendirikan sebuah perusahaan. Salam.

Penulis : Halimi,SE,MM.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel, Bisnis, Peluang Usaha dan tag , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s