Mengenal Bisnis Makanan Olahan aneka Kripik Buah-buahan

PENDAHULUAN

Kemarin ketika Study Banding ke Kabupaten Malang Jawa Timur, sempat mampir di sentra pengrajin kripik tempe dan mampir di outlet Makanan Olahan Aneka Kripik Buah-buahan. Saya jadi tertarik untuk melihat lebih jauh bisnis aneka kripik ini, apalagi setelah mencicipi aneka kripik seperti kripik nangka yang manis, renyah dan wangi, kripik apel yang manis, enak dan harum, kripik semangka yangmanis, gurih dan nikmat. Puluhan macam kripik aneka buah-buahan dengan kemasan yang cantik dan rapih, sepertinya tidak terlalu sulit untuk dikembangkan di Kota Cirebon sebagai rancangan bisnis Home Industri.

Kota Cirebon adalah kota transit bagi perdagangan hasil bumi termasuk buah-buahan , banyak sekali macam dan jenis buah-buahan yang diperdagangkan seperti Nangka, Mangga, Apel, Semangka,Jeruk dan sebagainya. Tetapi Kota Cirebon sendiri banyak menghasilkan buah Mangga dan Semangka, kedua jenis ini pada musim-musim panen  maka akan melimpah dan dijajakan di pasar-pasar.

Namun karena daya simpan buah-buahan yang singkat, maka perlu adanya terobosan baru untuk mengolah aneka buah-buahan tersebut menjadi aneka kripik buah-buahan yang banyak disukai konsumen lokal bahkan Mancanegara. Cara terbaik untuk mengolah buah-buahan dan memprosesnya menjadi kripik adalah dengan mengunakan mesin pengolah kripik,  yakni Mesin Vacuum Fraying (Mesin Penggoreng Vacuum/Hampa Udara) buatan Indonesia.

Kenapa harus menggunakan Mesin Vacuum fraying ?

Karena buah buahan memiliki Kandungan Air & Kadar gula yang tinggi, sehingga tidak memungkinkan untuk memproduksi kripik buah dengan cara menggorengnya secara konvensional. Karena kadar gula yang tinggi akan membuat hasil gorengan kripik buah berwarna kecoklatan/gosong/browning sebelum buah menjadi renyah.

Mesin ini menggunakan kompor LPG sebagai pemanas dan sistem sirkulasi vaccum menggunakan pompa. Dilengkapi dengan lampu didalam tabung penggorengan, sehingga dengan mudah kita dapat melihat proses produksi. Informasi Dengan Mesin Vacuum Fryer, anda cukup memotongnya kecil kecil dan memasukkannya kedalam mesin. Mesin ini berfungsi untuk membuat kripik buah dengan sistem penggoreng hampa sehingga mampu menurunkan suhu pada saat menggoreng dibawah 100C. Hasil Keripik buah tidak berubah warna & berkualitas tinggi, karena kandungan gizinya tidak rusak karena over heating.

CARA MEMBUAT KERIPIK BUAH DAN SAYUR

Untuk menggoreng buah-buahan yang akan dijadikan sebagai produk olahan terlebih keripik, kita memang harus memiliki sebuah alat yang dinamakan vacuum fryer (Mesin Penggoreng Hampa). Kita tidak mungkin menghasilkan produk buah olahan berupa kripik dengan menggunakan alat penggoreng biasa.

Seperti kita ketahui bersama, untuk komoditi buah-buahan hampir semuanya memiliki kandungan glukosa (gula) yang cukup tinggi. Oleh karena itu, bila kita mengolahnya dengan cara menggoreng menggunakan alat penggoreng biasa, keinginan untuk bisa berubah menjadi kripik tidak akan mungkin bisa tercapai, justru buah yang kita goreng malah meleleh seperti jelly atau  membuat buah menjadi gosong dan tidak layak untuk dijual maupun dikonsumsi.  Beberapa kelebihan menggoreng buah dengan mesin vacuum frying :

1.Tidak gosong
2.Kandungan nutrisi tidak hilang (tetap menyehatkan)
3.Rasa, dan aroma sesuai bahan aslinya
4.Renyah
5.Tidak perlu bahan pengawet atau bahan kimia
6.Tidak perlu penambah rasa buatan
7.Makanan yang memiliki nilai gizi dan serat tinggi
Cara pemakaian mesin vacuum frying juga sangat mudah. Potong-potong buah yang ingin dibuat kripik hingga ukuran yang nyaman untuk dimakan. jika terlalu besar akan mengakibatkan anda kurang nyaman sewaktu memakannya, namun jika terlalu kecil akan membuat anda membutuhkan waktu yang lama untuk memprosesnya.

Setelah potongan buah siap,  memasukkan buah / sayur yang telah dicuci ke dalam mesin. Tidak perlu tambahan perasa atau bahan-bahan lain.

MACAM-MACAM KERIPIK BUAH DAN SAYUR
Hampir tiap buah dapat dimanfaatkan untuk membuat kripik. Diantaranya adalah sebagai berikut:

¦Nangka
¦Salak
¦Apel
¦Mangga
¦Melon
¦Waluh (Labu)
¦Pepaya
¦Wortel
¦Kentang
¦Kacang Panjang
¦Terung
¦Durian
¦Nanas
¦dll

PELUANG BISNIS TERBUKA LEBAR
Bicara bisnis tak terlepas dari peluang-peluang. Kami yakin anda tidak akan berani melangkah ke bisnis ini sebelum melihat peluang sebelumnya. Berikut disajikan beberapa alasan atau  penyebab peluang bisnis keripik sayur dan buah ini  cukup menjanjikan :

1.Bahan baku buah dan sayur berlimpah, akibatnya harganya akan sangat murah.
2.Proses pembuatan dan pengelolaan bisnis sangat mudah. Bila anda memiliki mesin Vacuum Frying, maka anda akan mampu menjalankan produksi dengan cepat
3.Keuntungan yang besar dan dapat diperoleh dengan cepat. Modal bisa kembali kurang lebih 6 bulan (untuk mesin kapasitas 5 kg)
4.Buah disukai semua orang. Siapa yang tidak suka buah? Selama ini buah diawetkan dengan bahan pengawet. Dengan digoreng, akan menghasilkan buah yang awet namun tanpa bahan pengawet. Tentu saja orang akan semakin suka.
5.Pasar luas, anda bisa menjual kripik buah ini dimana saja. Anda bahkan bisa membentuk tim penjualan, mengumpulkan pedagang kaki lima dan asongan atau menitipkan produk anda di swalayan ataupun toko-toko makanan.
6.Peluang eksport terbuka. Sangat jarang dijumpai makanan kripik buah di luar negeri, karena kripik ini lebih awet, tentu memungkinkan untuk dikirim ke manca negara.

KUNCI SUKSES
Ada beberapa kunci sukses di bisnis keripik buah dan sayur, yaitu :

1. Tampilan yang Menarik

Tampilan keripik Anda harus menarik, bersih, tidak gosong. Hal ini bergantung pada :

¦Pemilihan Bahan Yang Benar
¦Proses penggorengan yang benar
¦Menggunakan mesin vacuum frying berkualitas
¦Penyortiran dan quality control yang akurat
2. Kemasan Produk Anda Harus Profesional Dan Menarik

Bisa saja anda menjual kripik dalam bentuk kiloan, tapi ini hanya untuk konsumsi agen-agen penjualan. Selain dalam bentuk kiloan, anda juga perlu menjual dalam bentuk kemasan yang rapi.

Label yang menarik juga akan memikat hati para pembeli. Untuk keperluan toko-toko, anda bisa menyertakan kontak pemesanan di label kripik. Hal ini perlu, karena pembeli yang tertarik bisa dengan mudah menghubungi anda untuk memesan produk serupa.

Sangat dianjurkan untuk memilih kemasan transparant agar tampilan kripik yang sudah menarik ikut mengundang selera calon pembeli.

Kami juga menyarankan untuk menyertakan toples-toples besar transparat jika hendak menitipkan ke toko-toko kecil. Produk yang digantung-gantung menggunakan kawat akan terkesan murahan dan mudah hancur karena biasanya untuk mengambil satu kemasan harus meremas kemasan yang lain.

3. Memilih Metode Pemasaran

Anda bisa memasarkan kripik buah menggunakan cara-cara berikut :

¦Membentuk agen penjualan yang akan memasarkan produk-produk anda ke toko-toko kecil, pedagang kaki lima dan pedagang asongan.
¦Bekerjasama dengan toko-toko makanan atau restaurant dengan menyuplai produk kripik anda.
¦Bekerjasama dengan katering-katering
¦Merintis peluang ekspor jika produk yang anda hasilkan cukup banyak.

Sumber dari http://infomesin.com

Penyunting : Halimi,SE,MM.

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel, Bisnis dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s